Thursday, 13 September 2012

jiwa yang tenang

Entah berapa lamanya saya mulai sangat menyukai ayat ke 27 dan 28 dalam surah Al-Fajr.

"Wahai jiwa yang tenang,kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhaiNya.."

Setiap mendengar ataupun sekedar membaca ayat tersebut selalu hadir kesan yang berbeda.Ada getar tersendiri,ada rasa merinding di sana.

Mungkin..
sebenarnya,tak ada yang lebih kita rindukan di dunia ini,kecuali ketenangan jiwa.Puncaknya lagi,ketenangan jiwa saat akhirnya kita harus menghadap Allah..

dan tiadalah akan mendapatkan ketenangan jiwa,jika tidak mengikuti sumber-sumber ketenangan tersebut.

Ketenangan jiwa..

Mereka yang sanggup mencapai tingkat ketenangan jiwa,mampu mengendalikan diri dan nafsunya,hingga tiap ucap,tingkah,dan laku selalu tersaring dengan baik.Mereka,para jiwa yang tenang,tak perlu banyak berkata demi membaikkan sekitarnya.Dengan ketenangan jiwanya,mereka akan mendamaikan jiwa-jiwa bergejolak yang ada di sekitar mereka..

Ketenangan..
Hanya akan dimiliki oleh mereka yang mengerti,untuk apa dan kemana arah hidup bermuara.Mereka tidak takut dengan kematian,karena bagi mereka hakikat mati adalah cara untuk menemui Rabb yang mereka rindukan.Mereka menyadari kematian,sebagai suatu hal yang sudah Allah takdirkan.Dan tiadalah hari-hari berlalu bagi mereka,kecuali semakin merindulah jiwa mereka untuk bertemu dengan Sang Kekasih.Mereka menyadari,waktu kematian telah ditentukan,tak lantas akan menjadi lebih cepat atau tertunda.

Karenanya,mereka amat tenang menjalani hidup.Mereka berani menyuarakan apa yang benar bagi Tuhan mereka.Tak sedikitpun takut dengan ancaman apapun,karena tak ada yang lebih mengancam mereka kecuali murka Allah..

Jiwa yang tenang..
Nafsul Muthmainnah..menemukan bahagia dalam setiap ketaatan,menemukan duka dalam setiap maksiat yang dilakukan.

Allah..
Jadikanlah aku pemilik jiwa yang tenang itu,jiwa yang akan kembali kepadaMu dengan ridha,dan keridhaanMu..

Cimahi,1 Ramadhan,1433H
Jiwa-jiwa yang tenang itu ada di sekeliling kita,kenali dan belajarlah yang banyak tentang kehidupan mereka :')
This entry was posted in

1 comment: