Thursday, 16 July 2009

Dua untuk dua

Salam.Karena ini udah jam 2 malem,maka han cuma akan berbicara 2 hal aja.Hehe.Biar pas sama judulnya.2 untuk 2.
Hal 1.
Kiranya han dan kluarga hrs bnyak2 brsyukur.Alhmd kawan2,lantai 2 rmh kami uda kelar dibangun.Dan tebak?Malem ini semua kecuali mamah,milih untuk bobo emperan di lantai 2.Termasuk papap.Begitu pulang dr rapat dpw langsung main ke atas.Liat2 sbentar,trus bwa bntal,dan bobo di karpet.Sampe skarang msh brtahan!Ck2.Sdangkan nadia,t dewi,dan rodiah tidur di sisi lain,sama pake karpet juga.Berasa lg di pengungsian aja.Tp nikmatnya luar biasa..Han sendiri brencana tidur brg mamah dibwah.Tp mau baca asbabun nuzul dulu,br nanti tidur.

Hal 2.
besok han beraktifitas padat.*atau memadatkan aktifitas?*
kembali ke jatinangor lagi.Terakhir kesana pas hari..Ng..Ahad kmarin.Seusai kumpul fotsar yang langsung chao ke jtngr.Kangen jtngr kah?Mm..Iya.
Doakan ya mg urusan han slalu ALLAH mudahkan.Eh,udah ngantuk bgt ni.Kapan2 lagi ya ta sambung.Salam.


Wednesday, 15 July 2009

Dari kegelapan menuju cahaya..*amin insya Allah

Salam.baru aja bernostalgia liat tulisan2 han di blog2 yang dipunya.seru juga ternyata.kayak kembali ke masa lalu.
Ah,masa lalu...kenapa bayanganmu selalu saja indah?apa jangan2 makin kesini han makin ga bahagia?
Hm,semester 4 ini.ga ada yang bisa dibanggain.nilai hancur.huhu,sedih.
Waktu curhat sama rodiah,dia tanya..
'ada masalah apa emang teh?terlalu sibuk?'
Dan han jawab.
'bukan de.ini justru karena teh hani memilih untuk ga mau sibuk.tapi malah jadi ancur2an.

Oh ALLAH yg maha baik.berilah han kesibukan bermakna yg dengannya han merasa bahwa diri han mengalami perkembangan.

Suka kagum sama mahasiswa yg semangat.kental dengan idealisme muda yg menggelora.lantas han yg liatnya?hehe.apa ya,kayaknya uda cukup puas pernah merasakan jadi mahasiswa yg pny seabrek aktifitas organisasi.dan akhirnya memilih untuk sejenak mengambil jeda.tapi ternyata...malah keteteran.
Kalo kata t tyarin,han itu so tua.padahal sbenernya masih bnyak fase2 mahasiswa yg blm han lewati.

Han kuatir,jgn2 ini pemberontakan diri gara2 dipindah sayap da'wah?ah,tapi harusnya itu ga jadi masalah.

Lalu2,biarlah masa lalu itu berlalu.hikmahnya,semester 5 nanti han mau banyak aktifitas!ga akan so2 mau memperbaiki ipk tp malah jeblok.lagian han bingung,bisa2 nya han memilih untuk ga sibuk.padahal ga sibuk bener2 bkin han terpuruk.

Kalo mamah baca,pasti beliau langsung girang sambil minta han beres2 rumah.sambil beralasan,katanya mau sibuk?hihi.entah kenapa,betulan de han mending diminta masak daripada diminta beres2.ga suka aja :P

Oke.tanpa dimintapun kayaknya semester 5 nanti han sibuk dengan sendirinya,dengan amanah baru menjadi...ehem.hehe.apa coba..
Eia,han mau pindahan dari averous.taun ini han mau ngontrak rumah,ciee..

Iya,betulan rumah.bukan kamar kosan lagi.hff,menjelang kehidupan baru.ayo bersemangat! :)

Monday, 13 April 2009

situ gunung : perjalan hikmah bersama ayah

Salam semua... 

Yap, han lagi ada di sukabumi, tepatnya di daerah Cisaat, beberapa meter dari gerbang objek wisata Situ Gunung. Inget situ gunung sebenernya jadi inget 2 hal. Pertama, inget tragedy situ gintung di cireundeu karena namanya mirip. Kedua jadi inget most adventure bareng kawan2 bki, karena beberapa bulan yang lalu kita baru aja kemah bareng disini. Wihiiii, jadi inget masa2 itu 

Suasananya sejuk-nyaris berangkat menuju dingin. Tapi Alhamdulillah,di samping han ada dua bantal dan satu guling, lengkap dengan selimut dan kasur yang luas. Jadi, sangat siap untuk menghadapi kedinginan nanti malem. Hehe. Lumayanlah…

Iya, jadi gini kawan2, han lagi nemenin babeh han control kesehatan di pengobatan dahsyat ala shaolin. Orang sebenernya lebih ngenal ini dengan pengobatan holistic, ada juga yang bilang kalo ini pengobatan ala shaolin karena katanya sang ahli pengobatan belajar langsung dari para shaolin. Apapun itu, yang jelas tempat pengobatan ini menamakan dirinya sebagai yayasan patria mitra medika. Para pegawai yayasannya pake baju dengan desk masing-masing, lengkap dengan atribut lambang shaolin yang ditimpa pake gambar uler dan gelas kek anak farmasi itu. 

Lucu betul pengobatan ini. Bukan lucu sih, lebih tepatnya mantep aja. Bayangkan, atas izin Allah, orang2 yang penyakitnya udah parah banget, mengalami perkembangan yang lebih baik setelah beberapa lama berobat di sini. Contoh deketnya aja, papap. Sebelum dibawa kesini, papap sering banget bed rest gara2 salah makan. Sekalinya makan gule kambing langsung dibawa ke rumah sakit, nginep 2 minggu di sana. Balik lagi, salah makan lagi, masuk rumah sakit lagi. Haduh, capek betul kita orang saat itu. Bukan capek fisik sih, lebih tepatnya capek hati plus sedih banget-banget karena papap terlihat ga membaik. 

Sampe akhirnya, tada! Seorang ustadz dari ciamis menyarankan papap untuk nyoba pengobatan holistic ini. Awalnya papap aga males, soalnya uda banyak banget jenis pengobatan yang papap lakuin, dan sejauh itu gda perbaikan. Tapi, demi kesehatannya, papap terlihat ga mau nyerah. Beliau akhirnya bersedia nyobain pegobatan di sini. Biayanya terbilang cukup mahal, sekitar 7 jutaan. Tapi sebenernya itu ga seberapa dibanding sama nilai kesehatan orang yang sangat keluarga han cintain-papap. Lagipun uang 7 juta itu untuk selamanya, maksudnya, kalo uda bayar segitu ya uda. Selamanya ga usa bayar lagi. Bebas kapanpun mau kesitu. Asik ya?  Singkat kata, papap yang tadinya ga bisa jalan barang selangkah pun akhirnya bisa kembali beraktifitas seperti biasa…Alhamdulillah, biiznillah tentunya..

Ini kali pertama han langsung merasakan suasana di tempat pengobatan ini. Banyak orang berseliweran, tapi mereka ga keliatan kayak orang sakit. Hanya beberapa orang yang pake kursi roda. Baru beberapa langkah masuk ke wilayah pengobatan, seorang ibu tua nyapa papap…

“Eh, bapak! Uda bisa jalan lagi pak?”

Dan papap pun balas menyapa…

“Iya nih bu, Alhamdulillah…”

Setelah si ibu berlalu, han Tanya ke papap tentang sakit apa yang diderita ibu itu. Ng, kalo ga salah jawabannya sakit jantung. Huahh…banyak lagi kemudian orang-orang yang menyapa papap dan disapa oleh papap, keknya uda kayak saudara aja orang2 ini. Mereka saling men-support, saling menguatkan bahwa harapan itu masih ada-mereka pasti bisa sembuh. Yaya, semangat sembuh itu terpancar dari mata2 mereka. Mata seorang ibu yang kakinya diamputasi karena diabetes, mata seorang nenek di atas kursi roda yang terkena sakit jantung, dan mata-mata lain yang faham betul bahwa mereka hanya manusia yang sedang berusaha. Dan mereka hanya kenal satu kata, BERJUANG! Ya, berjuang untuk tetap sembuh, sehingga bisa berkumpul kembali bareng orang2 yang mereka cintain…

Ngeliat papap diantara kerumunan orang2 itu, ada kebahagiaan tersendiri. Masih banyak ternyata yang punya penyakit lebih parah dari papap, dan mereka tetep semangat buat sembuh. Itu artinya, papap pun harus dikasih semangat kalo papap pasti bisa sembuh! Semangat papap harus melebihi semangat mereka, dan itu tugas han sebagai supporter papap di sini. Hehe.

Seru ternyata ya liburan dengan cara lain. Liburan plus2, selain bisa ngeliat pemandangan luar biasa di ketinggian Sukabumi, han juga bisa bertafakur langsung tentang makna sehat !  luar biasa berharga kesehatan itu. Ya Allah, makasih sampe sekarang kau masih memberikan kepercayaan kesehatan itu buat han. Semoga kepercayaan ini bisa han jaga…

Last, han juga ngerasain arti penting persaudaraan di sini. Betapa mereka bisa ngerasa deket satu sama lain, padahal mereka orang yang tadinya ga pernah ketemu sama sekali. Kenapa? Karena mereka uda menemukan apa yang membuat mereka melekat, dan mereka faham tentang itu…

Beda sama kita yang sehat2 aja. Kadang malah lupa tentang makna persaudaraan. Terucap di lisan tapi ga kerasa implikasinya ke hati. Mungkin karena kita-orang sehat- lupa manfaat apa yang bisa dikasih dari sebuah ikatan persaudaraan yang tulus. Yah, ada baiknya sesekali kita berkunjung ke tempat orang sakit berkumpul, agar kita inget lagi tentang buah keikhlasan dari sebuah jalinan persaudaraan..

                                                                                             

                                                                                                Sukabumi, 11 april 2009 

                                                                                                         Pukul 18.59 pm





Thursday, 26 March 2009

serba-serbi nyepi

assalamualaikum wr wb yak ampun, multiply tu ternyata masih eksis ya? hehe, kacau. udah lama ga ngenet yang serius. kenapa ya, ko rasanya lama2 bosen sendiri juga menghabiskan banyak waktu di dunia maya. suka nge hang di dunia nyata soalnya. aneh ya? :D

 tapi da kumaha, han lagi kehilangan rasa ketertarikan dengan dunia maya. sedang menemukan kenyamanan dalam kehidupan qabla pemilu. hehe. direct selling yo direct selling! iya, kawan2. jadi akhir2 ini di jatinangor lagi puanas banget dengan berbagi aksi dan kegiatan tentang pemilu. mulai dari aksi kemaren yang memperjuangkan mahasiswa luar daerah supaya nyontreng di sini, sampe kegiatan direct selling yang tadi han lakukan bersama bon2. huah, serunya. jadi nagih :D pemilu sebentar lagi? 
sudahkan anda punya pilihan? kalo belom, yo kita ngobrol yo, apa aja yang membuat anda susah untuk menentukan pilihan. kali aja setelah kita ngobrol jadi ada pencerahan. hehe.
 
eh, hari ini seru de. tadi pagi kan han bangun kesiangan tu, terus langsung pergi ke suatu tempat. janjian sama kolega bisnis han. ngobrol2 lah kita di sana, membicarakan masa depan bisnis yang kita rintis. wuah, banyak sekali yang harus kita kerjakan...:) dunia baru, semangat baru. insya Allah...
 nah, habis ketemuan sama kolega bisnis kan han dateng ke rumah makan di sayang tuh. beli sarapan ceritanya. ga disangka, tiba2 ada seseorang yang sebenernya dia ga terlalu kenal han [cuma tau nama tapi gtw hani tu yang mana], nyapa han. gini katanya...

 dia : punten teh, anak bpmu ya? [han saat itu emang lagi pake jaket bpmu..]
 han : iya. eh, tapi saya bpmu tahun lalu... [oh no, kadang ga ngeh kalo han uda ga di bpm lagi] 
dia : oh, punten namanya siapa? 
han : hani 
dia : oh, ini to yang namanya hani..
 han : nyengir..*Allah, segitu terkenalkah hani? :D 
dia : saya masih punya sisa uang lima ribu di sini, pake aja. kalo masih kurang tambah sendiri aja ya. 
han : loh, gpp? *ga berusaha untuk nolak. lagi kere pan ceritanya.. 
dia : gpp, pake aja. saya duluan ya, assalamualaikum 
han : makasi kang, waalaikumsalam.. *mungkin harusnya bukan kang sapaan yang tepat itu, karena beliau uda beranak istri. 

oh, subhanallah! senangnya! bukan karena han ditraktir siapa, tapi karena kangkung, nasi, tempe, dan telor yang ada di hadapan han saat itu uda halal bagi han tanpa harus mengeluarkan biaya. hehe. semoga Allah memberikan balasan yang lebih pada orang itu :) amin.

 and then, han balik ke averous, makan dan siap2 buat ds [direct selling] sama bon2. pas ke markas besar, di sana ketemu bos bisnis han. huah, lamanya ga ketemu beliau. dan saat itu si bos cuma tanya, kenapa terlambat?

glek. maafkan... singkat cerita han sama bon2 ds de! parah banget! ternyata masih banyk banget warga yang belum tahu gimana cara memilih yang baru... mirisnya, saat kemarin kita aksi ke kpud ketua kpud sumedangnya bilang kalo mereka uda sosialisasi dan warga uda pada tau. padahal ternyata........ miris. 


banyak dinamisasi seru akhir ini. termasuk cerita baru han di keputrian bki, ya, amanah baru yang harus dijalankan sebaik2nya.

 

ah, Allah.. hambaMu ini mendamba dunia yang lebih baik..


Tuesday, 17 February 2009

celana jeans atau bahan? yang penting tetep beriman :)

Salam
belakangan ini lagi sering buka forum angkatan pas SMP. Awalnya cuman iseng aja ngelontar isu di bidang politik. sungguh ga nyangka, kondisi di sana saat ini penuh dengan hawa2 kental politik..

hm, ngomong2 tentang politik, nilai komunikasi politik han A loh, hehe. senangnya
memang, orang2 dengan tipe han ini akan berusaha semaksimal mungkin mendapatkan yang terbaik di bidang yang disukainya.

betul2?
hm, inget de waktu pra OJ kemarin, ada materi tentang pengenalan diri.nah, ada delapan macem karakter kan tuh..

ekstrovert-introvert
sensing-intuitive
feel-think
judge-perceiver


dan han adalah tipe orang yang introvert, intuitive, feel, dan perceiver.
ga nyangka juga sebenernya, sejauh ini han selalu mengenal diri han sebagai seorang ekstrovert, ternyata kan...tada!
han itu lebih condong ke introvert..

introvert yang bermetaforsa..
wah, ngga ngerti juga kenapa bisa kayak gitu

lalu2, ng, kemarin itu sebenernya tiba2 aja jadi sering ngebahas 'ikhwan bercelana jeans'.
hm, jujur aja, waktu SMA dulu han paling ga suka liat ikhwan pake celana jeans, aneh, ga bagus, kesel sendiri aja liatnya...

eh, sebelumnya, maaf nyambung ke hal ini. menurut han ini penting ko
beranjak kuliah, han memasuki dunia FIKOM dengan medan juangnya yang luar biasa. huah.

pas lagi dateng ke sebuah dauroh fikom, untuk pertama kalinya han liat ikhwan2 bertebaran pake celana jeans..

awalnya mikir kek gini..
'itu orang ikhwan atau bukan si? ko pake celana jeans belel kek gitu..?'

akhir2nya, han mulai membiasakan diri, dan mulai mengenali bahwasanya ngga ada yang salah dengan jeans. menurut han loh ya...

betulan. han jadi bingung sendiri, itu kan cuma tentang celana..
tapi tetep, celana jeans yang masih han tolerir adalah yang ngga ngetat dan ngga robek2. kalo belel, hm, ga gitu masalah si kalo buat han...

penilaian han pribadi loh ya.
inget sebuah peristiwa. alkisah, di unpad itu kan lagi ada pemilihan presiden mahasiswa unpad. Nah, ada salah satu pasangan calon yang biasanya selalu pake celana bahan, tiba2 pas masuk wilayah fikom dan sosial lainnya berubah pake celana jeans..

tujuannya tentu untuk membuat temen2 yang ada di fikom ngerasa bahwa mereka (pasangan calon) itu adalah kawan. seorang temen han pas tahu hal ini tiba2 ngerasa kesel..

'maksud mereka(pasangan calon) itu apa? malu dengan identitas ikhwan mereka?'

nah, han jadi makin bingung. kira2 seperti ini adanya..
celana bahan adalah identitas ikhwan, celana jeans adalah identitas non-ikhwan..

lah, bingung sendiri han jadinya.
betulan kayak gitu emang ya?
ko han ga berpikir seperti itu ya...

well, celana jeans bukanlah suatu perkara besar buat han. yang penting kita tetep beriman. LOH?
hehe. udah ah.

mau ada wawancara sama bocah yang lagi skripsi..

Monday, 16 February 2009

menulis-melepas penat

salam

lagi di bpmu, lagi brefing pra lokakarya stugov unpad. dengan hati yang ngga terlalu tenang.

ada apakah?

huwa, tadi han menitikkan air mata saat mama telpon. hm, mama itu keren. keren banget. selalu biisa ngebuat anaknya merasa dicintai.

ya2, kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan. siap untuk maju, siap untuk mundur.

 semangat!

ng, osjur uda beres, alhamdulillah. bahagia banget rasanya.

ip han semester ini loncat ke bawah, haha. turun berapa poin gitu, signifikan juga.

tapi alhamdulillah, ipk nya sejauh ini tetap terjaga cumlaude. semangat untuk lebih baik!

paket jurnal semester 4 totalnya 20 sks. tapi han mau nambah, mata kuliah pilihan dari jurusan manajemen komunikasi. mau tau mata kuliahnya apa?

"kampanye dan propaganda!"

haha, gimana han ga tertarik coba?! yak2, mari kita PKRS, nambah mata kuliah 3 sks untuk mata kuliah kampanye dan propaganda.

tak sabar rasanya

ng, belakangan lagi sensi, ga nyaman berada dimana2.

oh tidak, apa yang salah kah?

Wednesday, 11 February 2009

hari2 osjur han

bwehehe...
masih zaman kah anak semester 4 kuliahan ikut ospek?

yah, itulah yang menyebabkan han jarang online belakangan.
hihi. tapi masi sempet aja ke bpmu. YES2!
huaaa, lupa sesuatu.

nanana, mari kita berangkat bersama-sama!
*apa si?

Monday, 2 February 2009

kota pahlawan itu kini disinggahi pahlawan : hani. hehe

Salam.
menyapa semua dari surabaya!
hehe.

surabaya yang sekarang ga terlalu panas, katanya teh dewi, ini efek dari musim hujan.
baru ngeh han, surabaya bisa hujan juga toh, hehe. habis pas dulu ke sini tuh panaaaaaas banget. dan ga mau banyak2 keluar kamar, karena cuma di kamar yang ada ac nya. keluar dikit tu bener2 PUANAS banget2.

jadi inget seorang kawan, katanya, bersyukur ada panas, karena panas itulah kita jadi tau gimana enaknya sejuk...

betul juga ya. perbedaan itu anugerah yang semestinya membuat kita bersyukur :)
jadi inget athena.
hehe, di forum athena kondisinya lagi memanas gara2 issu yang han lontarkan. dan han kek orang aneh di sana, bersikukuh dengan pendapat pribadi. *selalu kayak gitu*

ngga papa tapi, perbedaan itu kan wajar. asal jangan jadiin perbedaan itu sebagai jarak aja. yah, asik2 aja lah kita.

yang pasti, tetep dengan kata2 han (yang banyak dihujat). politik itu indah, indah, indah.
hehehe.
inget seseorang lagi kalo kek gini.
"janganlah, jangan ngambil s2 politik...yang laen aja.."

hmmm semakin dilarang semakin menantang :P

oiya, balik lagi ke perjalanan kemarin. menyenangkan. ngabisin waktu selama kurang lebih 15 jam bareng nadia sama teh dewi. hehe.
nadia yang selalu aktif dan ga bisa diem, bikin orang2 se gerbong harus ditutup telinganya dengan selimut tipis yang dikasih sama pramugaranya. *ng, ga gitu juga sebenernya*

selama perjalanan, han ngga lupa nulis2 di buku baru han yang han namain, 'kuning'. yah, emang ga kreatif banget, gara2 bungkusnya kuning lantas dikasih nama kuning. tapi gimana lagi....

nah, pokonya banyak banget hikmah yang bisa diambil dari perjalanan panjang ini. alhamdulillah....

ntar coba han ketik lah kalo sempet. biar semua bisa mengambil hikmahnya juga..:)

yasudahlah. han mau take a rest dulu yo.
salam2



Saturday, 31 January 2009

sabtu : hari indah

Salam

TADA!

bwahahahaha..

han lagi ada di sekre bpmu, yang ga lama lagi akan han tinggalkan. hiks. sedihnyoooo....langsung han laporkan keadaan di sini. di halaman ada kang deni sama hm..temennya, gtw siapa. lagi ngobrol. eh apa udah pada balik yo? gtw2..

di dalem ada fifeh..yang ga henti2nya mencereweti han supaya cepet pulang.huah, iya, bentar lagi.

lalu ada teh indah, yang berkoar2 ngajakin kumpul pansus ilegal.oh no. seharian dijejelin cerita2 tentang stugov.

lalu, ada cessa, lagi nunggu tim sukses calon pasangan presiden-wakil presiden bem. semangat ya bu kpu! hehe.

huaaa, han lagi di nangor, padahal keluarga han lagi pada liburan ke situ gunung sukabumi. yayay, bukan rezeki han emang. e, tapi belum lama ini juga han ke sana si. acara BKI. tpi kan mungkin bakal beda rasanya kalo berangkatnya bareng keluarga.hiks

tak apalah tapi, han kan keren..*haha

Nah, kan. sekalinya rajin posting blog malah ga penting semua. tapi lebih enak si, lebih eksis gemana...gitu :D

udahan ah. mo bantuin t indah dulu, kesian dia.

ntar han posting lagi de, secepetnya..

parissa! ah, sekedar pengen  menyapamu cu..

sayang.sayang.sayang parissa, hehe.

bestong! haha. dodol.

udahan betulan ah.

salam2 

Thursday, 29 January 2009

malam sejuta kenangan

salam

uda malem.

susah bobo, gara2 ikannya belum bobo. *haha, garing ah

tadi siang padahal han ga bobo. eh, pagi2 paling. itu pun cuman satu jam. hmm, emang gini nih. curiga sebabnya karena suatu hal.

agh, gitulah. tersiksa juga lama2 dengan kondisi kek gini.

wokeh saudara2 sebangsa setanah air. mau sekilas info bpmu.

kemaren, sebelum rapat rutin, temen2 bpmu akhirnya pada takluk sama film india yang han bawa. awalnya mereka uda underestimate banget.

*alah, paling tentang cinta2an...

*yah, nari2 doang..

tapi han berusahan sekuat tenaga meyakinkan mereka kalo ini tuh beda. gda yang aneh2nya, betulan. usaha han emang ga mudah. han harus melewati ketua bpmu yang ngaku2 ga suka film india, padahal masa kecilnya pernah nonton film india error (baca : semacam koi mili gaya apa kuch2 hotahe gitu, lupa). han juga harus meyakinkan temen2 anggota lain yang uda enek banget denger kata 'film india'.

oh, sungguh, ini tuh beda, percayalah fernando...*heh

yah, gkan nyesel de pokonya..penasaran kan judulnya apaan?

ng, TARE ZAMEEN PAR. kalo ga salah tulisannya gitu, lupa.

tentang seorang anak yang ngidap penyakit dyselexia. Ah, mantep betul de. bakal terharu pokonya...

penasaran? tonton aja. bagus ko, apalagi buat yang berencana nikah dan punya anak. bisa dijadiin referensi tuh, gimana cara mendidik anak yang baik.

karena setiap anak adalah spesial, yak2.

hehe.

ngomong2 tentang nikah, januari ini han menghadiri 3 walimahan. tetangga di jatinangor, temen kosan yang sefakultas, juga sepupu han.

wew, ko banyak betul yang nikah? ck2..

*kapan kau nikah han?*

OH NO!

yah, kelak lah... 

akan tiba masanya.

ng, balik lagi, bener2 ketiga suasana yang sangat berbeda dalam bungkus acara yang sama. hm, jadi banyak mengambil pelajaran.

ngga penting seberapa mewah, yang penting esensinya...

ketika han menghadiri walimahan tetangga di jatinangor itu, jujur, hampir meneteskn air mata. di tengah keterbatasannya, dia tetep ingin melaksanakan ajaran Rasul dengan sebaik2nya. dan mereka terlihat bahagia...

sweet banget.

huaa, ga bisa diceritain gamblang. yang jelas han bener2 belajar tentang arti bersyukur saat itu. hehe.

-haduh, nampaknya ga nyambung. lanjut kapan2 aja ya..

mari2. uda jam 2 pagi ini.

salaam.

sepucuk surat untuk athena

“Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin2 selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).” Al-a’raf: 3

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

 Ng, ada kesenangan tersendiri ketika bisa berbagi pendapat, tentu dengan sikap terbuka, tidak mengenyampingkan pendapat2 baru yang bisa jadi memang lebih baik, kayak yang maula bilang.

Han ngerasain banget kalo bersikap terbuka itu bukan suatu hal yang mudah. Terkadang, saking uda percayanya sama suatu hal, akhirnya bener2 ga nerima lagi hal yang lain. Padahal mungkin kepercayaan han terhadap sesuatu itu baru bersifat emosional, bukan dilandaskan pada keilmuan.

Arkian, ketika han sama temen2 lagi ngerumpi, temen han bilang gini..
‘hani itu orangnya tertutup untuk masalah menerima pemikiran baru ya..’
Sempet kaget, tapi akhirnya kata2 itulah yang sampai saat ini ngajarin han bahwa perbedaan hanyalah alat pencari kebenaran yang bisa membuat segala sesuatu menjadi jelas posisinya. Dan sejak itulah han belajar tentang seni menghadapi perbedaan. 

Kalo bahasa langitan kepunyaan Allah gini katanya :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. “ Alhujurat 13
Hehe.
Seru2! Bhineka tunggal ika betulan ini...
Meskipun berbeda, tetep satu jua..

Kayak yang lagi dibahas kemaren, tentang fatwa haram golput MUI.

Tertantang buat....hm, buat mengenalkan bahwa politik itu indah. *tetep..
Yayaya, han selalu bilang kayak gitu. Bukan karena di kampus digembleng sebagai anak siyasi, tapi memang karena kesadaran bahwa sebenarnya politik itu indah, kayak indahnya islam itu sendiri.

Dan menjadi sebuah tantangan besar untuk memutarbalikkan pandangan yang selama ini ada bahwa politik itu keji kotor merusak, dll. Jujur, han sedih betul dengernya. Sedihnya setara kayak kesedihan saat orang bilang kalo islam itu teroris, hehe. Tapi sedihnya campur aneh, sesempit itukah kata politik dipandang orang?

‘Politik adalah kecerdasan membaca dan memanfaatkan momentum’

    Dan ternyata setiap laju hidup kita ga lepas dari politik. Ketika kita milih perguruan tinggi, ketika kita milih sebuah lingkungan, itu sebenernya bentuk kegiatan2 berpolitik kita. Jadi suka aneh sendiri kalo ada orang bilang, ‘saya benci politik!’. Loh? Hehe. Mungkin politik yang mereka maksud adalah –sebuah bentuk rezim kekuasaan ditangan penguasa tiran dengan cara2 yang kotor ketika berusaha mendapatkannya-.

Wallahualam.
Han ga hendak mengubah pandangan temen2 tentang apa itu politik, keknya temen2 juga uda lebih tau. Sama2 mengajak untuk berekspresi aja, karena mau ga mau han sangat mengakui bahwa dengan cara ginilah han makin semangat untuk mencari-dan mencari. semoga kita semua dapet kebaikan2 dari semua ini. Amin2.
                                                       ***
Menanggapi ashkar tentang jangan memilih siapa yang minta dipilih. Han memahami bahwa ternyata konteksnya ga sesempit itu.
Ketika ada orang minta dipilih, jgleg, langsung di judge kalo orang kayak gitu ga boleh dipilih karena dia berambisi. Dalam hal ini, han inget kisahnya Nabi Yusuf..

“Berkata Yusuf: Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan.” QS Yusuf:55

Dan ternyata, Allah ga negur nabi Yusuf atas perkataannya itu.

Wallahualam, tapi yang han fahami tentang hadist Abu Dzar itu seperti ini..

Saat itu Abu Dzar minta dijadiin gubernur, tapi Rasulullah menolak, karena –kayak yang kita tau- abu dzar ini sahabat nabi yang bertemperamen pemarah-eh bukan pemarah mungkin ya, reaktif banget yang cenderung nekat. Dan menurut Rasul, sahabatnya yang satu ini belum mampu memikul amanah tersebut. 

“Memilih siapa yang minta dipilih dengan keadaan yang minta dipilih ini ga mampu, tentu bukan suatu pilihan yang tepat.” 

Sampe saat ini han masih yakin kalo meminta amanah bukanlah sebuah hal yang negative, selama niat baik yang ada dibekali dengan kapabilitas yang dipunya.
Kalo menurut han si, beneran menurut han ya, nyari pemimpin itu perkara komprehensif. Makanya, kayak kata KPU, kenali calon pemimpin anda.
Tapi masalahnya jadi rumit, ketika ternyata banyak orang uda hopeless sama semua calon pemimpin yang ada. Dan ke-hopeless-an itu akhirnya nyebabin dia jadi ga mau cari tau tentang semuanya.
Hehe, emang betul ya semua itu kembali ke niat. Kalo emang uda ga niat, ya jangankan mencari, dikasih tau juga mungkin ga mau..
                                                          ***
Balik lagi ke pro kontra fatwa MUI..
Pendapat han pribadi, mengutip sebuah hukum umum..
Haram adalah segala hal yang bersifat merusak..
Halal adalah segala hal yang bersifat baik dan membangun...
Nah, tapi kan ngga cukup dengan ini. Baik buruk mungkin perkara consensus-selama gda pegangan yang jelas. Beruntung kita dilahirkan dalam lingkungan islam, yang punya pegangan ‘abadi’, al-Qur’an dan As-Sunnah. Artinya, benar dan salah,baik dan buruk, semua harus berlandaskan pada nilai2 dari kedua sumber tersebut.
Han bukan anak seorang anggota MUI, tapi yang han sadari di sini adalah bahwa Rasul terakhir uda wafat, dan ga semua hal yang ada saat ini ada juga di masa Rasul. Artinya memang, banyak hukum2 yang kita gtw boleh apa ngga nya karena di zaman Rasul dulu ngga ada. Nah, makanya ada istilah ijtihad yang tentunya melakukan berbagai pendekatan terhadap Al-Qur’an dan AsSunnah untuk membahas perkara2 yang ga dijelasin di zaman Rasul. Inilah yang sedang dilakukan oleh MUI, berijtihad. Han inget apa kata maula, mungkin memang orang2 yang ada di sana adalah orang2 yang lebih rajin ibadahnya dari kita. Oleh karenanya han sangat menghargai keputusan itu. Toh namanya juga ijtihad. Uniknya, ijtihad ini, yang han pernah denger-tolong dibenerin kalo salah, ketika hasil ijtihadnya ternyata ga tepat pun ternyata masih bernilai 1, dan ketika bener, nilainya jadi 2. 
Keliatannya emang enak, mereka –yang berijtihad- itu ‘selalu bernilai’. Padahal, sebenernya tanggung jawab mereka yang berijtihad di hadapan Allah itu gede. Dan mereka yang berijtihad pasti tau itu.

-lah, malah bicarain ijtihad?

Ngga2, han gtw banyak tentang itu. Kalo ada yang salah tolong dibenarkan…
Han menghargai, menghormati fatwa MUI itu. Han bangga MUI bisa menyentuh sisi-sisi politik, karena Islam emang syamil-mutakammil. Ngga peduli orang bilang MUI politis banget, toh memang Islam itu menyeluruh ko.

“Politik bukan milik politisi semata, justru sebenernya setiap kita adalah politisi, dengan cara kita masing2. Karena emang itulah kehidupan dengan multi-aspeknya, ga bisa dipisah-pisahin.”

Meskipun sebenernya, -kayak yang seorang politisi bilang-, permasalahan golput adalah persoalan yang hanya bisa diselesaikan secara persuasive, ngga cukup dengan fatwa haram semata. Ini nyambung kayak yang Arsyad bilang, alasan golput itu kan macem2..
Betul2. Ngutip kata2 seseorang, golput itu bisa golput secara ideologis, administrative, atau teknis. Dan kesemua itu butuh sebuah pendekatan yang beda. Terlihat sulit kalo langsung dikerasin, HARAM. Bisa jadi fatwa golput akhirnya bisa berakibat kontra-produktif, justru orang malah nyengajain diri untuk ga milih-karena merasa tertantang dengan kata haramnya, atau milih asal-asalan, sekedar mengugurkan kewajiban.

Tapi toh, tujuan dari fatwa MUI ini, bagi han adalah kebaikan. Pada akhirnya han melihat kesemua ini sebagai sebuah kesatuan peran kerja kita sebagai muslim. MUI biarlah dengan peran MUI sebagai pemberi fatwa, perkara penyadaran politik secara persuasive, biarlah itu jadi bagian peran kita (ga terdefinisi kita itu siapa, yang jelas han mau ikut ke dalam kata kita itu :P)

Kan saling bekerja sama dalam hal kebaikan ceritanya…
                                                                  ***
Ada satu hal yang selalu han inget. Kata2nya seorang ulama..
Memilih hal baik ketika ada dua hal yang baik, itu gampang. Memilih yang baik ketika yang lain jelas2 buruk, itu juga gampang. Nah, memilih yang baik ketika semua terlihat buruk, inilah yang susah.

Dan kuncinya, carilah hal yang lebih sedikit buruknya di antara yang buruk.

Hidup adalah perkara pilihan, dan tiada hari dalam hidup kita tanpa kegiatan memilih.
Dan itu yang lagi han liat saat ini, berkaitan dengan masalah pemerintahan. Kita butuh sebuah pemerintahan, mutlak butuh. Lebih baik sebuah negara dengan pemerintahan yang amburadul, dibanding dengan sebuah negara tanpa pemerintahan. Kalo dinilai pake angka, negara tanpa pemerintahan itu nol, negara dengan pemerintahan yang amburadul itu satu, dan negara dengan pemerintahan yang baik itu adalah dua-yang akan berbuah jadi tiga-empat-dan ga kebates. Dan Indonesia tengah ada di nilai ke satu yang –insya Allah akan beranjak ke nilai kedua, ketiga, dan seterusnya..

 “Anda kecewa dengan pemerintahan yang tidak amanah?

Berarti anda tengah berharap untuk sebuah pemerintahan yang amanah.
Jika anda memiliki harap, maka kejarlah harapan itu, niscaya Allah akan memberikan jalan bagi mereka yang tak berhenti berharap untuk suatu hal yang lebih baik.”
                                                                  ***
Hehe, kalo maula (lagi2 maula..) berkata tentang tafsiran, maka kira2 seperti inilah tafsiran han dengan keterbatasan pikiran yang ada. 

Yang memutuskan untuk tetep golput, mangga kalo emang menurut yang bersangkutan golput itu adalah pilihan, meskipun bagi han bukan pilihan...

Yang masih bingung, han sarankan untuk mempergunakan hak-sekaligus kewajibannya..

Yang emang mau mempergunakan hak-yang sekaligus jadi kewajibannya, ayo pergunakannya sebaik mungkin..!

Jangan berhenti berharap, jangan berhenti mencari..


Akhirnya.....sekian ‘saja’lah, uda panjang betul ini.
Kalo banyak kata2 han yang salah, itu pasti banget datangnya dari hani, mangga dibenerin. Dan yang bener , itu kepunyaan Allah...maka berikanlah sedikit ruang, barangkali dengan sedikit menekan tingkat kesombongan diri, Allah jadikan kita pribadi yang lebih baik di hadapanNya.

Yang kesel, hehe, maaf yo kalo mungkin uda menyinggung perasaan. Beneran, han cuman pengen berbagi aja. Menerima dan memberi pendapat, mencari dan terus mencari.

Yang bĂȘte karena han uda mengisi forum dengan hal2 yang mungkin ngeselin dan membosankan-meski menurut han menyenangkan :P-maaf2 juga...
Ini yang terakhir dari han untuk issu fatwa MUI. Ditanggapi mangga, ganti topik juga hayu banget. Keknya uda jenuh...hehe.
Piss, damai. Perbedaan adalah anugerah, jangan dijadikan jarak, tapi jadikanlah perekat. Karena dengan perbedaan itulah kita hidup!

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...
Athena never dies..
-makasi banyak untuk ashkar, reza r, arsyad, maula, dan adisa atas semua inspirasinya..

[jadinya han nge post-in yang ini gara2 tulisan kemaren uda dilengkapin sama beberapa tambahan bahan lainnya. nama2 yang tercantum di situ adalah nama2 temen SMP han yang ngomentarin tulisan han sebelumnya..]

Tuesday, 27 January 2009

Gagal posting?

Salam.bgni pan critanya,han uda coret2 komen tentang fatwa mui brusan.hbs it kan mau han post-in,tp pulsa han kburu hbs.jdeng!

Jadi tu han ngebjak hp pap bwt dijadiin modem,b'hbung wireless yg ada lg g jalan.nah,krn han tau klo pake telkomsel mahal,akhrnya han ptusin pake sim card m3 han aj.trnyta pulsanya g ckup bnyk untuk browsing lama.dan tak ckup wkt bwt posting blog.Mau gnti pake chip pap yg telkomsel it,sngguh g mgkn.skali lg,MAHAL.kmaren han pke sbntar bwt krim email,hbs 20ribu.ck2.cm bntar pdhl.
Plajaran pertama:jgn jdikan telkomsel sbg jaringan plihan anda saat anda menjadikan hp anda sbagai modem!kecuali anda ckup kaya untuk it.

Lah talilah talilah,jadilah..han skarang browsing lwat hp..
Smangat!

He2.bsok mau posting lg ah..

Thursday, 22 January 2009

berkelana ke negeri nyata

Salam.
Lama ga ngurusin blog,kangen rasany.Hiks.
Blog yg malang,maafin..
Anggep aja sahabatmu ini lg menikmati dirinya di alam nyata.Atau...Jgn2 sahabatmu ini pny slingkuhan?Tmpat crita yg lain?Hehe.
Ga jg.Han lg sering bkin blog of mind.Blog maya kpunyaan han :D
ngeles yo?Haha.
Han baik2 aja dsini.Ga lama iAllah han bkal sering2 post lagi.Oke?
See u soon :)