Tuesday, 28 October 2008

bki eksplorer!

Start:     Nov 1, '08 12:00a
End:     Nov 2, '08
Location:     cibingbin, sumedang..[jadi inget most adventure..]
prokernya kaderisasi BKI ni! ayo2...semua..ikut bki eksplorer. bayarnya 25 ribu aja ko! pengalamannya isnya Allah gkan terlupakan! *saking buruknya kah?* hehe.

pokonya rugi kalo ga dateng!

akhirnya datang juga

wuaaaahh...

akhirnya hani dateng lagi..setelah lama menghilang dari peradaban multiply!!

iyak2, ada apaan aja selama han pergi! wuiih, banyak hal seru menyeru!! cerita yoook!!

okeh2. kabar hani baik, alhamdulillah sehat banget! ;D

gda cerita tentang rhinitis, gda cerita tentang lambung ga beres...hani sehat temen2!! sehat!! sehat!! sehat!! sehat!! *keknya mulai ga sehat kejiwaannya*

hari2 han bener2 makin berhikmah. Allah sayang hani dan hani ngerasa betul disayang Allah! ng, pede dikit boleh dong!

Ah, Allah emang Maha Baik. Allah selalu kasih han pelajaran untuk jadi orang yang kuat!

iya!!!!

makin ceria aja hidup ini. huaa, hani suka ujan, hani suka tidur, hani suka semua, hani bersyukur..[ga jelas]

ng, kemarin tanggal 24-26 hani jalan2. wisata ruhani, jasadiy, dan fikri. WIH!!! hani suka masa2 itu..walo sebenernya masa2 itu hani ditindas banyak orang

hani uda bikin tulisan tentang perjalanan han. tapi hawa2 nya cuma bisa dinikmati kalangan terbatas aja, yah...karena hal itu sangat berharga buat han, makanya ga semua bisa baca. hehe. ngeles. padahal si emang ga mau nge post aja..

habis itu, hari senin nya han bolos kuliah ;D

jadi tuh gini, mata kuliah pertama kan komunikasi organisasi. dosennya itu baik banget, tapi...butuh perjuangan keras untuk dengerin beliau bicara karena....karena ritme bicara beliau emang agak datar. akhirnya nimbulin rasa ngantuk yang menyangat.

huh. itulah susahnya dengerin. tapi justru itu letak perjuangannya.

iy, jadi hani ga ikut kuliah komor karena lagi capeeeeeek banget. remuk semua badan han.

habis itu mata kuliah kedua kan reka bentuk media tuh. han uda berpikir untuk masuk kuliah. baru aja nyiapin diri untuk mandi, ternyata...

fuh, hani belom ngerjain tugasnya. baru inget banget.

tugasnya nge lay-out gitu. kan ga mungkin juga kalo dadakan bikin. lagian corel han lagi bermasalah. huh. mungkin ini jalan Allah buat orang2 yang lagi pengen bolos..

terima kasih Allah uda kasih han jalan yang indah..*loh2*

hehe, intiny han mutusin untuk ngelanjutin istirahat seraya berniat ngerjain tugas wawancara yang SEABREG dari masa ke masa.

fuh, selama seharian han cuma bisa ngerjain EMPAT bab aja dari DUA PULUH bab yang harus han bahas. hah? besok dikumpulin jam 8. gimana ngga serem?

untungnya sore itu han ada agenda ruhani dulu. seneng, ketemu temen2 dan sang guru yang bersahaja...

malemnya..malemnya han bertekad buat nyelsein semua tugas han..tapi...baru jam 12 malem han uda tepar! dan itu baru 10 bab yang han bahas. haduh. menyetress han.

alhamdulillah lagi, Allah bangunin han sekitar jam 1/2 3. akhirnya berjuang keras buat ngerjain tugas. padahal han belom baca bukunya sama sekali. huaaa, hani sebenernya capek dengan kehidupan yang ga termenej kek gitu..

tapi ko han belom berubah juga..?! ayok bantu han!

singkat cerita, han dateng kelas wawancara dengan sangat tergopoh2. mau tau alesannya?

GARA2 DIRUN!!! dia kelamaan nyari kunci kamarnya yang ilang! padahal 15 menit lagi kelas masuk...mana kita belum nge print lagi. iiih, dirun. selalu aja. untung han lagi ga punya duit. jadi semua pembiayaan han di bawah duitnya dia. kalo ga lagi dibiayai, keknya han tinggal aja tu orang..

 

fuh, untung pa sahala masih bolehin kita masuk kelas.

singkatnya lagi, wawancara beres dengan kondisi yang menyenangkan kek biasa..

then...komunikasi politik. glek.

hani suka politik, tapi hani ga suka dosennya! apalagi ternyata dosen yang dateng itu ibu2 yang tempo hari han ceritain.

matilah. han uda ga konsen. samping han dirun, dia mule ketar-ketir. bener aja.semua anak2 uda pasrah.

bener ternyata, dirun menjadi2 saat kuliah..

kan ditanyain gini..

dosen : aparatur negara terdiri dari bla bla bla bla, nah, salah satunya adalah kepolisisan...

ada yang tau setelah kepolisian ada apa lagi?

dirun : hansip ya han?!

 

heh?? gubrak. dirun dodol ah.

 

trus, ksana2nya juga makin aneh. ah, kompol yang aneh..

selse kompol han shalat, habis itu ke perpus, pengen blogging ceritanya. tapi mp nya lagi error. ga suka. akhirnya han pengen pulang aja..

iya, pulang ke kosan dengan keadaan belom getting foto buat jurnalistik foto besok. ah, akut.

begitu pulang han langsung tidur. sampe akhirnya orang itu dateng...

"haniiii...anterin rin ke cileunyi dong!! mau pulang ni..!"

huaah, han marah2 tuh dibangunin tidurnya. biasa, teh tyarin manja.

kenapa ga naek angkot aja si? hih.

tapi setelah dipikir2, beklah..aku akan temani, sekalian getting.

benarlah, han nganterin dia, habis itu getting..trus pulang ke ave lagi dengan keadaan basah kuyup. kehujanan.

saat itu han punya agenda untuk ketemuan ama beberapa orang. ternyata mreka uda dateng. ngobrollah kita.

huaaaa, setelah selese ngobrol han baru sadar kalo han masih punya BANYAK amanah yang belom terselesaikan.

ayo2 han!! kerjain!! ih, amanah begitu gde..sanggupkah?

hmf. gitulah. malemnya han tidur dengan nyaman setelah nyetak foto buat jurfo hari ini.

 

then, hari ini!! mata kuliah pertama bajuri..[bahasa jurnalistik]

han baru ngerjain tugasnya tadi shubuh. banyak juga ternyata, 6 halaman. huah, untunglah selesai dengan sukses. dijadiin contoh tugas yang baik loh ama bapaknya

hehe.

habis selse bajuri, lanjut jurfo. ternyata dosennya ga masuk karena sopirnya meninggal. innalillahi wa inna ilaihi raajiun.

hm, uda de. ketemu lagi han di masa sekarang.

aih, senengnya bisa blogging lagi ;D

 

ng, udahan de. capek juga ternyata ngetik.

kabar baik hari ini :HANI PULAAAAAAANGGGGGG!!! yeah! hani kangen semua!!!

pap, mah, de, nad, wetmi!!! okeh2.

 

udahan ya. maap kalo han banyak salah.

salam.

Thursday, 16 October 2008

Tuesday, 14 October 2008

rhinitis oh rhinitis

salam.

sejak tanggal 9 kemarin, tepat di hari saat han nganter a ihsan ke bandara, rhinitis han dateng lagi. ah, han ga bahagia ketemu rhinitis. ga nyaman rasanya..

tapi, yang namanya ujian baiknya disikapi dengan hati yang lapang. hm..iya, hati yang lapang..

okeh, han lagi di fikom, menanti weekend yang selalu bikin hati han bahagia. malem ini han bisa tidur lebih tenang setelah begadang mulu dari hari ke hari. jurnal emang...hm, luar biasa?! iya, luar biasa bikin han ga punya banyak waktu luang kek dulu..

malem ini han cuma mau ngerjain revisi tugas wawancara, sama baca buku tentang media massa cetak. semangat!

ngomong2 tentang averous, han kangen tetangga cerewet han. tetangga yang uda kek mama han, kek kakak han, kek temen han. sebut aja namanya teh tyarin. hmf, ga enak juga teryata gda dia. gda yang bisa diajak berantem mulut..

han berani bilang han kangen dia, di sini, di multiply..karena han tau kalo dia gkan terdampar di blog han ;p

hm, garing ini blog. han belom sempet lagi mikir2 seru tentang banyak hal.

hani cuma lagi pengen istirahat...

 

doakan han yo, moga cepet2 sehat lagi.

Sunday, 12 October 2008

pesan kehidupan

Pesan orang tua pada anaknya :

Nak, bermusafirlah kunjungi jengkal luasan dunia

Jangan lekas pulang hingga kau temui bahwasanya

Allah miliki kuasa atas penciptaan alam semesta..

Pergilah, kami membekalimu sekantung tekad

Seuntai kata cinta Tuhan yang tak bersekat..

Semoga cukup untuk bekal permusafiranmu

Nak, bergegaslah!

Dunia menanti tapak perjalananmu.

 

13 oktober 2008

2.43 am @ lab inspirasi, c13 averous

‘tercurah berjuta sayang buat ma2-pa2p yang selalu ikhlas melepas permusafiran anak2nya.

Teriring seberkas rindu untuk teh dewi-mas amien, a ihsan, yang lagi sama-sama berjuang di tanah rantau masing2nya.

Semoga Allah mengumpulkan keluarga kita kembali..’

This entry was posted in

wajah cinta sang musafir

Lelah-lelah kutanam benih cintaku untukNya

Parahnya lupa kuberi pupuk hingga kini ia berhama

Lelah-lelah kubangun kembali cintaku, masih untukNya

Namun masih saja lalai tuk kusirami, hingga ia nyaris mati

Lelah-lelah kutangisi

Apa daya tanpa amal nyata?

Lelah-lelah ku cangkul kembali pijakan cintaku

Ingin sekali lagi mencoba tanamkan kecintaanku yang remuk redam nafsu

...

Duhai Kau Yang Tercinta..

Sudilah kiranya beriku pijakan yang kan buat cintaku

Kuat mengakar-rimbun menganggun..

Duhai Kau Yang Miliki samudera cinta..

Anugerahilah aku, barang sekepal saja pupuk

Yang kan lindungi kecintaanku padaMu

Yang kan menjadikan setiap rindu menjadi temu..

...

Dalam bahagia, untuk yang kesekian kalinya,

Kutanam kembali kecintaanku, saat hendak purnama, di pojokan sajadah tak berwarna

Dan masih-selalu- untukNya..

 

Senang-senang kan kurawat benih cintaku padaNya!

13 oktober 2008

2.25 am @ lab inspirasi, c13 averous

‘izinkan hani mencoba lagi mencintaiMu, Allah’

Wednesday, 8 October 2008

Tuesday, 7 October 2008

merekontruksi kenangan

Salam.

Lagi gila nulis ni! Hehe. Ternyata bener, gila nulis adalah refleksi diri ketika kita sedang beraktifitas normal dengan pikiran yang lapang. Maksud lapang di sini adalah, kita sadar betul bahwa hal-hal indah ngga tercipta dari suatu hal yang luar biasa. Hal-hal indah justru tercipta ketika keadaan kita sendiri lagi indah untuk bisa memaknai hal-hal tersebut.

Saat ini hani lagi kepikiran sesuatu. Refleksi ini han dapet saat han ngobrol sama temen smp han kemarin. Sebut aja namanya nafisah..*emang nama aslinya itu si ;D*

Baru pertama kali ngobrol banyak lagi sama dia setelah dulu2 cuma basa basi aja.

Hai nap!

Hai juga

Apa kabar?

Bae2. Han gimana?

Bae juga, alhmd. Lagi ngapain?

Ngerjain tugas...

..

..

Pamit dulu ya nap, han buru2.

*ya, kurang lebih kek gitu ilustrasi kalo han ketemu naf di ym*

Tapi kemaren ngga. Kemaren kita cerita banyak...iya, buat han itu banyak sampe memory emosi han tentang masa SMP jadi terngiang lagi.

Bagi han empat tahun yang lalu, SMP adalah masa2 terindah. Tapi, ko saat ini han uda banyak lupa masa-masa indah saat itu? Ko kayaknya hal-hal yang dulu han anggep indah bakal jadi ga indah seiring perjalanan waktu[disuse theory]. Manusia itu sepelupa itu ya ternyata? Atau, keindahan saat itu sebenernya ga berarti apa2? Atau han menganggap itu indah dengan alasan yang semu? Atau, kenapa?

Banyak hal-hal indah terjadi selama hidup kita, tapi berapa banyak yang masih kita inget?

Hm, sebenernya ini berkaitan dengan permasalahan komunikasi juga. Ketika kita ngga menjaga komunikasi dengan orang-orang yang telah mengisi kehidupan kita di masa lampau, maka memori2 yang pernah ada bakal hilang terkikis dengan memori2 baru. Komunikasi hanyalah sebuah jalan di sini, sebuah jalan untuk membantu kita selalu menjaga emosi-emosi indah yang pernah terjadi di antara kita dan temen2 kita. Permasalahan utamanya lebih pada sisi psikis dari orang itu sendiri, sejauh mana memori itu berkesan buat dia. Itu bakal ngaruh sama posisi memori itu di hatinya dia..

Tiba2 saat ngobrol itu han jadi ngerasa bersalah. Han jarang kontakan lagi sama temen2 smp. *kecuali nisa, sister han*. Hal itu juga yang jadi penghambat bagi han. Han lupa sejauh mana kita deket pas dulu, han belum bisa menghadirkan kembali emosi-emosi ukhuwah yang dulu sempet menggelora.

Banyak hal yang terjadi setelah kita perpisahan sekitar empat tahun yang lalu. Frame of reference sama field of experience kita mungkin *atau pasti* udah banyak berkembang. Kita yang dulu ngga sama kayak kita yang sekarang. Kita yang merasa nyaman satu sama lain saat dulu belum tentu ngerasa nyaman saat sekarang.

Makanya dalam prinsip komunikasi dibilang, komunikasi itu irreversible. Ga bisa diulang karena terkait konteks ruang dan waktu. Manusia adalah makhluk dinamis yang berbeda antara satu dengan lainnya, antara satu waktu dengan waktu lainnya. Maka muncullah teori segitiga berimbang yang intinya mengemukakan bahwa kita semua hanya bisa mencoba untuk mendekati wilayah FOE&FOR orang lain untuk dapat menjalin komunikasi yang efektif. Kita semua selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lawan bicara kita, untuk menyampaikan maksud kita sebaik mungkin, agar bisa diterima secara utuh dan tepat, begitupun lawan bicara kita.

Kegagalan dalam berkomunikasi bisa saja terjadi, sering malah. Gagal dalam tahap sensasi ketika kita salah menangkap suatu pesan secara inderawi, ataupun gagal dalam tahap persepsi ketika kita salah memaknai pesan yang diterima.

Ini mungkin ya hikmah kenapa Allah selalu wanti2 hambaNya untuk selalu menjaga tali persaudaraan, untuk selalu mengerti saudara kita, untuk selalu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua saudara kita. Ketika perintah Allah itu ga dijalankan sebaik-baiknya, akibatnya kayak han sekarang. Jadi ngerasa banyak kehilangan kenangan-kenangan indah di masa lalu. Han pengen mencintai temen2 han dengan utuh, kayak di masa lampau. Han ga pengen kehilangan orang-orang yang pernah mengisi kehidupan han, yang pernah bantu han, yang pernah selalu ada saat han sedih dan seneng.

*temen2, hani sayang kalian...*

Hm, sayangnya kadang sayang itu hanya berbentuk lisan, tak mampu menyentuh hati karena lupa bagaimana rasanya menyayangi mereka dengan utuh. Han jarang tanya kabar mereka, han jarang bahkan doain mereka. Huwaaa...

*temen2, maafin han...*

Ada banyak hal yang bisa dilakuin sebenernya untuk memanggil memory itu. Kalo dalam ilmu psikologi komunikasi, pemanggilan memori itu bisa dilakukan dengan empat cara:

Pertama, pengingatan [recall]. Ini hal yang biasa, nginget2 ulang apa aja yang pernah kita alemin di masa lampau.

Kedua, pengenalan [recognition]. Mengenal kembali orang2 atau benda2 yang bisa ngebuat memory kita tergugah untuk memberikan kembali kenangannya.

Ketiga, belajar kembali [relearning]. Belajar untuk menyayangi mereka kayak dulu..

Keempat, redintegrasi [redintegration]. Merekontruksi kepingan kenangan di masa lalu jadi kenangan utuh. Mungkin bisa juga lewat lagu2 yang dulu sering diputer sama temen2 smp, khususnya aqustic hingga memory emosi itu bakal terkuak lagi.

 

Hff, finally. Han cuma bisa berharap, semoga memory yang hilang itu bisa han kumpulin lagi jadi sebuah kenangan yang indah. Kayak anggapan han dulu kalo masa-masa itu adalah masa indah. Han yakin, itu emang indah. Han cuma  terlalu banyak lupa...

 

Baiklah, makasih buat semua orang yang pernah ngisi kehidupan han. Kalian semua, tanpa kecuali, berharga..

Allah, sayangi mereka seperti mereka menyayangi han atau bahkan meski mereka uda lupa siapa han..

 

Saudarimu, hani noor ilahi, di tanah perjuangannya.

This entry was posted in

Professor complex

Salam.

Pagi yang indah! Ayo2, matahari terbitlah..seperti  terbitnya semangat baru han pagi ini..

Wah, seru. Pagi ini uda dapet banyak kata2 indah..

Gini katanya : ‘Allah menganugerahkan malaikat akal yang tidak disertai syahwat. Allah menganugerahkan binatang syahwat tanpa akal. Sedangkan Allah menganuegrahkan manusia keduanya, akal dan syahwat. Maka jika manusia itu mengikuti akalnya, ia akan bersama para malaikat. Akan tetapi, jika ia memilih untuk mengikuti syahwatnya dengan mengabaikan akal, maka ia akan bersama binatang.”

Mungkin kedengerannya biasa aja, tapi buat han kata-kata itu bikin han jadi mikir2 lagi. Siapa yang selalu bareng han selama ini? Jangan-jangan han selalu bareng malaikat? *hehe* ngga, maksudnya, jangan2 han selalu jadi binatang selama ini..naudzubillah..

Hff, manusia itu emang makhluk yang dicipta Allah dengan sempurna. Konsekuensi suatu hal yang baik selalu menuntut juga pembuktian. Allah memberi kita sejumlah ujian, supaya keliatan mana yang survive mana yang ngga.

Ah, Allah. Kasih han kekuatan selalu untuk bisa bertahan dalam setiap ujian yang diberi...

Hmmm, sehubungan ama judulnya..’professor complex’ han punya sedikit cerita.

Jadi gini, han punya satu hobi yang menyenangkan. Yaitu..kirim2 sms! Hehe. Kenapa han suka? Karena han selalu bahagia kalo dapet sms dari orang. Apalagi kalo sms itu berisi kata2 indah ples tausiyah. Huaaa...suka-suka! Nah, berangkat dari hobi itulah han mulai berpikir untuk menjadikan itu jadi sarana da’wah yang simple tapi mengena. Yah, sms itu sendiri kan termasuk pesan yang langsung dibaca orangnya secara pribadi. Jadi pesen itu langsung ngena.

Sms tausiyah emang uda popular di berbagai kalangan. Han termasuk salah satu penggemarnya. Entah kenapa, selalu ada  korelasi yang kuat antara sms tausiyah yang masuk sama keadaan han saat itu. Kayak Allah sengaja mengirimkan itu lewat perantara temen2 supaya han ga macem2. Ih, Allah emang keren ya! Han haturkan rasa terima kasih tak terhingga untuk orang-orang yang selalu atau pernah berbagi tausiyah ke han. Sungguh, kalian adalah temen2 yang sengaja Allah kirim buat han..

Kembali lagi ke bahasan professor complex..saat ini kesenangan han kirim sms mulai merambahi dunia professor dan kaum elite. Belakangan han lagi suka sms-in prof ganjar, rektor unpad. Bahasanya ga han bedain, apa yang han kirim buat temen2 han kirim juga buat beliau. *salam silaturahmi but prof ganjar dari han*. Subhanallah, beliau selalu merespon tausiyah han. Han juga pernah ngirim2 sms ke kaum elite partai dan ustadz2 yang biasa kasih ceramah di depan khalayak ramai. *salam silaturahmi juga buat mereka*. Ng, apa ya? Ada kesenangan tersendiri bisa berbagi tausiyah dengan orang-orang yang mungkin ga punya banyak waktu luang untuk share secara langsung.

Sebenernya han sadar, ketika han menyeru suatu kebaikan, maka han punya kewajiban untuk ikut mengamalkan apa yang han sampein. Insya Allah, han juga masih selalu belajar. Satu hal yang han selalu inget adalah, ketika kita memberi sebenernya kita sedang menerima saat itu. Jadi, han banyak kirim sms tausiyah adalah juga tabungan han agar saat han ngerasa lemah, tausiyah dari temen2 ga putus ngalir buat han.

Ayo, kita saling mengingatkan dalam kebaikan! Jangan salah gunakan sms tausiyah untuk suatu hal yang menyimpang..Luruskan niat bareng2 kalo apa yang kita buat ini adalah juga bentuk ibadah kita sama Allah, ga lebih. Insya Allah, bantu han y. Han juga masih belajar untuk selalu ikhlas..

Ng, sebenernya ini nyambung sama coretan han kemarin tentang sms. Entah kenapa, banyak hal yang bisa han tulis tapi ga bisa han ungkapin. Semoga aja sedikit dari yang han tulis itu bisa membawa kebaikan buat yang lain. Amiin.

wallahualam

 

This entry was posted in

Monday, 6 October 2008

sms:sungguh menjadi syndrome

sms...

short message service: Sungguh Menjadi Syndrome..

hehe. jadi kepikiran aja. kenapa begitu banyak orang yang sukaaaa banget sms an. bisa dibilang, termasuk han sendiri. hehe.

apaan ya? ko rasanya banyak hal yang bisa diungkapin lewat tulisan tapi susah diungkapin lewat kata2 langsung...

kek gini contohnya..

kalo mama lagi curhat, kan biasanya han juga sedikit banyak bilang 'hani sayang mama' tu. kalo ditelpon langsung mana berani han ngomong kek gitu..

tapi kalo di sms, wiihh...sejuta rasa sayang han buat mama ngalir utuh. sampe mama nge save sms dari han, saking puitisnya.. tjie..

hehe, kultur kita kadang emang masih kaku ya untuk hal begituan. ga kayak pelem2 barat yang kayaknya lepas banget bicara gitu ama orang tua..

tapi sebenernya, jadi penasaran, kalo orang tua denger anaknya ngomong gitu secara langsung malah geli ga si? atau malah seneng? penasaran.

kalo han sendiri sebagai anak masih kegelian sendiri. hehe. kecuali ya itu, lewat sms...

tapi kepikiran juga untuk numbuhin budaya membiasakan diri mengungkapkan cinta pada orang tua...

satu lagi, selain mengungkapkan cinta, mengungkapkan maaf...

wih, susa betul kalo bicara langsung. tapi kalo sms an ya asik2 aja....

sadar juga si, sebagai orang komunikasi seharusnya han uda mulai bisa mengatasi kekakuan itu. sambil blajar aja si. oke2..

[jujur,han nulis ini dalam ke engga jelasan yang menyangat. lagi ngobrol ama temen smp soalnya..]

ude dulu ya..besok2 diperjelas de. insya Allah.

mari2, salam

 

musafir satu tuju

datanglah kemari, singgalah sekejap

menari bersama, dendangkan tetalu dapati irama merdu

mari! bergegas pergi kini!! jangan lelah, jangan mengeluh

lihatlah bumi masih luas terhampar, menantang tuk dipijak

kita kan bersama berkelana, kita kan bersama mengembara

tak berbekal

tak mencekal

kita hanya membawa selangit hayal

tuk menjadi : MUSAFIR SATU TUJU!

This entry was posted in

hujan makna-makna hujan

Hujan, cengkram kalbu hingga menusuk nanah nurani terdalam

Hujan, genggam belati yang yakinkan diri akan penantian sejati

Hujan, antar aku ke alam hayal yang buat bahagia

Buat tertawa

Buat gembira, tak jarang

Menangis..

Hujan, bila saja mampu ku ubah dunia

Menjadi kepingan senja di ujung tahta

 

This entry was posted in