Sunday, 21 September 2008

kekuatan harapan!

Tasikmalaya, 8 Januari 1990

           10.00 WIB

“Oaaa..oaaaa. eyaaa…eyaaa…”

Harap diperhatikan bahwa suara di atas bukanlah suara penyanyi yang lagi nge rock dan bukan juga suara orang yang lagi teriak-teriak minta tolong kayak di film-film laga. Suara itu adalah suara tangis bayi, kawan-kawan. Ya, tangis bayi perempuan yang terlahir ke dunia dengan persalinan normal yang Alhamdulillah selamat. Sang bayi terlihat gugup menghadapi dunia baru yang antah berantah, kontras sekali dengan kehadiran senyum  dari bibir sang Ibu yang terlihat sangat bahagia bisa bertemu dengan anak ke lima nya.

                Seperti layaknya kebanyakan orang tua, harapan baru pada sang anak pun segera muncul. Harapan agar si anak menjadi perempuan yang baik, menjadi perempuan yang bahagia, dan menjadi perempuan yang bercahaya seperti terangnya cahaya Allah.

 

“HANI NOOR ILAHI : KEBAHAGIAAN CAHAYA ILAHI”

                Bukan karena trend, sang ayah akhirnya memberi nama dengan arti seperti di atas. Bukan juga karena obsesi semata. Semua itu hanya bermula dari sebuah kekuatan harapan. Ya! Kekuatan harapan!

Refleksi sebuah harapan, makna dibalik nama..

                Semua orang tahu bahwa nama pasti miliki arti, semua orang yakin bahwa nama adalah refleksi harapan orang tua pada si anak. Tak terkecuali nama HANI NOOR ILAHI yang diberikan atas nama harapan dari seorang ayah bernama TAJUDIN NOOR dan seorang ibu bernama KOMALASARI.

HANI

Diambil dari bahasa Arab yang berarti kebahagiaan, baik, bagus. Inilah refleksi kekuatan harapan pertama pada si anak, semoga menjadi perempuan yang paling bahagia. Tak ada alasan lebih lanjut dari sang ayah sebagai pemberi nama tentang mengapa mesti memilih nama hani dibanding nama-nama lain. Hani adalah nama yang bagus menurutnya dan ia senang nama itu ia berikan pada putri ke limanya.

NOOR

                Masih diambil dari bahasa Arab yang berarti cahaya. Ejaan yang satu ini memang cukup unik, mengingat kebanyakan orang menyerap kata cahaya dalam bahasa Arab menjadi ‘nur’ atau ‘noer’, bukan ‘noor’.

                Nama Noor adalah nama keluarga yang diambil dari nama belakang ayah, Tajudin Noor. Atas usulan dari sang Ibu, semua anak mestilah miliki nama ini sebagai bukti tertulis bahwa kita adalah keluarga, kau anak kami dan kami adalah orang tuamu.

ILAHI

                Lagi-lagi masih diambil dari bahasa Arab yang berarti Tuhanku. Serpihan nama terakhir inilah yang sering mengundak decak kagum semua orang. Bukan, bukan karena orang yang memiliki namanya sangat keren, tapi nama ini adalah nama yang sangat hidup dan sangat berani. Mereka memuji keberanian pemberi nama untuk menyematkan nama ini ke salah satu dari anaknya.

                Sebenarnya, makna ilahi ini tidak dapat berdiri sendiri di tataran nama hani noor ilahi karena ia selalu bersanding erat dengan nama noor. Noor  ilahi adalah kekuatan pusaran do’a terbesar yang sangat hani rasakan. Nama belakang inilah yang selalu mengingatkan hani untuk tidak berlaku menyimpang, yaaah…walau kadang tetep aja menyimpang. Tapi setidaknya dia adalah pengingat, dia adalah harapan, dia adalah tujuan. Begitulah ketika kekuatan do’a berbicara, dampaknya akan terasa di kehidupan nyata..

 

HANI NOOR ILAHI

Sang orang tua menginginkan anknya selalu bahagia dalam sinaran cahaya ilahi.

“Begitu banyak orang bahagia dengan sebab yang tak baik, kami ingin anak kami bahagia dengan balut cahaya Allah. Sehingga bercahayalah seluruh bagian tubuhnya. Kami ingin mata anak kami bercahaya, kami ingin hati anak kami bercahaya, kami ingin kata-katanya adalah cahaya, dan kami ingin segala tindak tanduknya adalah cahaya. Satu hal yang tak kami lupakan, kami ingin dia bahagia, selalu bahagia dengan satu cahayaNya. Cahaya Ilahi”

 

 

Sebait nama sejuta inspirasi..

Seperti kata penyair, sebait puisi adalah sejuta inspirasi. Jika memang betul tak ada kata yang terlahir tanpa sebuah inspirasi, maka mungkin hal itu pula yang terjadi pada orang tua han sebagai perangkai kata penyemat nama bagi han. HANI NOOR ILAHI adalah rangkaian nama indah yang terlahir dari sebuah inspirasi besar, inspirasi maha karya dari firman Sang Maha Pencipta, Al-qur’an.

“Allah [pemberi] cahaya [kepada] langit dan bumi. Perumpamaan cahayaNya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, [dan] tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, [yaitu] pohon zaitun yang tidak tumbuh di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya [saja] hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya [berlapis-lapis], Allah member petunjuj kepada cahayaNya bagi orang-orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

[QS Annur:35]

 

18 tahun menyandang nama HANI NOOR ILAHI..

                Ah ya! Usia han uda mencapai bilangan angka 18, 18 jalan 19 lebih tepatnya. Tak terasa, sudah 18 tahun han hidup dan menyandang nama ini, nama yang sangat indah ini lebih tepatnya. Banyak hal-hal lucu yang bikin han ketawa, hal ngeselin yang bikin han marah, atau hal-hal lainnya yang ga bisa disebutin satu-satu.

                Sejauh ini hani bahagia menyandang nama ini, karena:

  1. Saat SD, orang yang selalu ditunjuk ke depan buat ngerjain tugas adalah orang dengan nama depan yang utama secara alphabet. Ani, Aris, Aulia, dll. Sedangkan han? Huruf pertama nama han dari H, walhasil kebagiannya yaaa di tengah-tengah lah, awal ngga akhir bukan…enak dong!

Masih saat SD, hari itu ada penyuntikan massal dari pihak puskesmas. Hani lupa tepatnya penyuntikan apa, tapi saat itu anak-anak sangat ketakutan. Para penyandang nama ABC terlihat ketar-ketir, mungkin saat itu mereka lagi gerutu, ‘kenapa juga si nama saya mesti diawali huruf A?’ hahah. Hani saat itu berada di tengah-tengah barisan, melihat dengan jelas kelegaan anak-anak ABC seusai disuntik, dan melihat wajah ketar-ketir anak-anak XYZ menunggu giliran suntik.

Ah, tentu, menjadi yang tengah itu selalu bahagia..^^

  1. Meski nama hani sekarang uda terbilang menjamur, hani tetep ngerasa bangga dengan nama ini karena han punya nama belakang keren yang ga ada orang punya selain han, iya ngga si?

NOOR ILAHI adalah sebuah kebanggaan, pembeda, cita-cita..

Jadi ga perlu ngerasa minder menyandang nama yang dibilang pasaran, cukup tunjukin aja kalo perilaku kita, sikap kita, pemikiran kita, dan segala tindak-tanduk kita GA PASARAN! Titik.

 

  1. Dengan nama hani, tenyata aga susah juga meyakinkan temen-temen di belahan Negara timur tengah untuk percaya kalo hani yang ini perempuan. Di kalangan mereka, hani adalah nama untuk laki-laki, karenanya mereka bener-bener ngerasa aneh bin ajaib nemu hani baru yang bukan laki-laki.

Sempet Hani protes masalah ini ke orang tua, tapi mereka nanggepin santai aja. “Yaaa, itu kan di kalangan mereka han. Kalo di Indonesia kan nama hani biasa dipake perempuan..”

                Yap, alasan yang sangat-sangat singkat, tapi cukup rasional. Buktinya han ga berkutik lagi, langsung merima alasan yang ada.

 

  1. Saat SPMB han ga merasa disibukkan dengan nama seperti ini. Mungkin lebih banyak temen-temen yang namanya lebih singkat dari han, tapi bener de, han sangat bahagia meski namanya terbilang cukup panjang. Sebenernya kebahagiaan ini bersumber ke dua hal, han percaya nama ini nama yang terbaik, dan han percaya bahwa masih banyak nama-nama yang jah lebih panjang.

Contoh : Bestie fania rakhmita noer ananda, temen SMP han, atau juga ai cucu makiyah fauziyah sarifatul imani, nama sepupu han. Weleh weleh, repot kan?

Yah, bersyukurlah punya nama Hani Noor Ilahi. Hehe.

  1. Semua orang menyayangi hani, buktinya semua orang manggil hani dengan sebutan hani. Bukankah hani [honey] dalam bahasa inggris berarti sayang? Hehe. Jadi ngerasa disayangin semua orang aja. Bahagia banget rasanya, walo mungkin kenyataannya ga seindah itu ;p
  2. Tanpa berlandaskan pada peristiwa apapun, han yakin kalo han emang ditakdirkan untuk menyandang nama keren yang satu ini. Hani yakin kalo ini adalah suratan Tuhan, Hani yakin bahwa ini adalah yang terbaik, dan Hani yakin kalo nama ini adalah nama yang akan menghantar han ke gerbang kesuksesan dunia akhirat. Amin2.

 

Nama, antara harap dan nyata..

Seperti uda disinggung sebelumnya, ada sebuah harapan besar dibalik nama HANI NOOR ILAHI. Pertanyaan berikutnya adalah,sejauh mana nama itu berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari han menurut pandangan orang-orang sekitar han.

Yak, berikut hani tampilkan laporan hasil wawancara singkat han ke beberapa orang terdekat terkait pertanyaan di atas.

     Responden berpendapat bahwa 79,66 % kandungan makna dari hani noor ilahi telah teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari han.

     Tanggapan responden ketika ditanya pendapatnya tentang nama yang han miliki…

ü  Nama hani itu lucu, soalnya terdiri dari empat huruf

ü  Nama hani itu banyak, tapi bagus

ü  Nama hani itu mengaurakan seseorang yang penyayang dan manja, walo terkesan sedikit centil

ü  Nama noor ilahi itu berat.

ü  Noor ilahi itu unik.

ü  Noor ilahi itu nama yang islami dan bagus.

ü  Dll.

     Tanggapan responden ketika ditanya, mau ngga punya anak namanya hani..

ü  Ga mau! Uda banyak gitu juga..

ü  Ga ah, uda bikin nama sendiri soalnya..

ü  Ng, belom kepikiran ngasi nama apa buat anak, hehe..

 

That’s all. Semua uda han ungkapin secara gamblang, mengangkat suatu hal yang tabu menjadi nyata dan layak diperdengarkan, semua uda han kupas dengan tajam, setajam…? Setajam-tajamnya.

Pada intinya ada satu hal yang jadi refleksi utama setelah ngerjain tugas ini, yaitu…

‘kekuatan sebuah harapan!’

Iya-iya, mari bareng-bareng menjadi lebih baik lagi, sebaik nama yang telah orang tua kita sematkan di panggung kehidupan kita!

 

Wallahualam

This entry was posted in

7 comments:

  1. hai haniy,, sdikit bnyak, pndapat org tmur bhwa nama hani it bwat laki2, bpengaruh jg y k han..
    mungkin it yg kdang ngebuat han kliatan aga ganteng pas malem2, wakakaka.. aku jahat bgt deh,tp gpp,bentar lg lbaran..

    ReplyDelete
  2. Dasar.Tau ni,di kosan dibilang akhwat ganteng.Bkn gr2 skp han kek laki2,tp auranya ktany ky gt.Hah?Horor.Pdhl han uda tampil se wanita mungkin.

    ReplyDelete
  3. Hi3,aga kbayang si :p tp klo g gt,g seru ah.. Bukan kyak hani jdñ

    ReplyDelete
  4. haha... siip dah..
    emang adikku ini prinsipnya kuat : asa ngarasa!!
    hehe

    ReplyDelete