Saturday, 28 June 2008

balada sang pejuang

biarlah sang pejuang menghirup wewangi yang kau tebar, sang pesona

sejenak meregangkan syarafnya yang baru saja menegang menghadang malam

semalam 12 jam, sang pejuang habiskan waktu tidak untuk mengunjungimu

hanya terdiam, berbicara layak tumpuan arca-arca tak bernyawa

berharap perjuangan di depan milik bersama

jauh asap dari panggang

sang pesona berkata dalam senyap dimana waktu menjadi hal termurah kala itu

"kau kuat! cukup kuat untuk dapat mandiri! kulepas kau dengan keyakinan kan taklukkan medanmu.."

selalu dapati kembali aroma ini

berjuang dengan lemah yang ada, dengan jatuh bangun yang selalu tercipta

sang pejuang melangkah, menjemput nasib

bertemu rekan yang telah lebih dulu meretas juang,

"tak usah menyerah! ini jalan yang indah.."katanya

ah.

Allah, hapus rasa ragu yang buat sang pejuang kalah sebelum bertarung

Allah, hapus rasa sendiri yang buat sang pejuang tak menjadi pejuang sakti

Allah, anugerahilah bahu yang kuat, agar mampu ia tanggung tanda cintaMu kini, hingga akhir nanti..

 

This entry was posted in

bersyukur hingga fajar merekah

salam.

lama ga ketemu.

alhamdulillah, lagi banyak amanah.

alhamdulillah, begitu banyak nikmat Allah untuk han hingga fajar hari ini merekah...

lagi seneng untuk semua hal yang membahagiakan.

untuk nikmat Allah yang telah mempertemukan han dengan orang2 hebat di BPMU sang keluarga baru han, sahabat seperjuangan yang nilainya sangat berharga.

alhamdulillah, upgrading legislatif kemarin bener2 bikin sense of belonging han terhadap BPMU tumbuh dengan subur. panjang ceritanya, seru kisahnya, membahagiakan akhirnya..

hani bangga punya temen seperjuangan setangguh mereka!

alhamdulillah juga, semalem suntuk han baru beres nyelsein amanah dJ dengan musyawarah besarnya. bersyukur yang tak terhingga, dJ angkatan han meskipun cuma 6 orang tapi punya ketangguhan fisik dan mental yang melebihi sekedar 6 jasad manusia.

subhanallah, walhamdulillah..

kemarin han dan keluarga bisa ketemu lagi sama sang lelaki yang dirindu.

nur ihsan jundulloh yang dalam keadaan sehat bisa berkumpul lagi di tengah keluarga.

he knows how much we miss him..

 

a ihsan yang uda lama ga ketemu jadi aga gemukan. masih cakep. masih membanggakan dengan ipk nya yang mumtaz, dengan sopan santunnya, dengan humor2nya, dengan segala yang kami rindukan dari dirinya..

lucu liat reaksi dia begitu pulang ke indonesia. sepanjang jalan terkagum2 sama kehijauan alam indonesia..

"jannatullah fil ardh" dia bilang berkali2..

ga lupa, saking senengnya dia juga mendendangkan lagu indonesia pusaka selama di perjalanan. apalagi kalo inget reaksinya saat pertama kali ketemu lagi di cengkareng. rona rindu bener2 tampak jelas di wajah dia.

 

kemaren dia sama rodiah nganter han ke kosan. tadinya cuma pengen tau aja dimana kosan han, ternyata 2 anak itu malah tidur dengan sangat2 pules, dan minta makan begitu bangun. dasar!

yah, begitulah..

begitu banyak nikmat Allah untuk han..

"terimakasih Allah.."

 

..hingga fajar merekah

kubenamkan diri dalam lautan syukur atas nikmatMu..

Thursday, 19 June 2008

cerita kuliah lapangan

tepat jam 3 malem, suara yang ga asing itu bangunin han.

"neng hani! bangun neng!"

"iya bu irooh..sebentar lagi.."sahut han yang saat itu masih ngantuk.

"bu iroh ke avicena dulu ya neng! tapi neng hani bangun.."

"iya bu, hani bangun.."

ah, bu iroh yang asik diajak cerita. kalo lagi gda kuliah, hani, bu iroh sama bu wawat sering ngobrol2 di depan kamar han. isi obrolannya macem2, mulai dari hal penting sampe ga penting.

okeh, lalu saat itu bangunlah han.

beresin kamar, nyiapin barang, nyetrika baju, dan siap2 mandi..

ga lama di luar anak ave uda ribut, ya ya, ini hari senin, mereka mau shaum sunnah.

han keluar, iseng nyapa.

ada teh irna, shali sama t rani.

setelah nyapa sekenanya, han masuk lagi ke kamar. ga ikut saur karena mau bermusafir, sebenernya bukan alesan cuman biar han ga puyeng di jalan aja.

beres ngapa2in jam setengah lima, han sms rimeh, ngajak pergi bareng. di perjalanan, han, rimeh, dan naluri [temen rimeh] berehenti sejenak. nungguin dirun yang saat itu pake pakean serba ijo. [belakangan dia emang mencoba untuk matching kek rimeh..hahah]

nyampe di bni pangdam, han ketemu temen2 sekelas. tampangnya macem2, ada yang ngantuk ada yang semangat. saat itu seperti biasa, han nyapa2 basa basi aja.

ga lama kita masuk ke bus no 5 dengan tujuan kantor berita antara. bus yang lumayan, lengkap dengan ac, meski gda kamar mandi. beberapa anak terlihat pucet saat tau gda kmar mandi. rona2 kebelet memancar indah dari muka mereka.

han cuma bilang, sabar ya..kalo emang ga tahan, hehe, di unwim banyak semak2 tuh.

lalu berangkatlah kami menuju kantor berita antara. han duduk di bis bareng achi sama imel. di belakang han ada esa, arli, sama puti.

sekitar satu jam bus berangkat dari jatinangor, temen2 belakang mulai ribut.

eh, arli terus berdiri, jalan ke depan, tampangnya jauh dari sumringah. pucet pasi. sebelum han nanya kenapa dia uda buat pengumuman..

"huaaaa....kaki gw nginjek pup kucing!'

kontan anak2 ketawa sambil nyeletuk bebas..

"yah, cantik2 nginjek pup kucing!"

"pantes dari tadi bau!"

"nginjek pup kucing dimana ar?"

"iiiiihhh....jorrroook!!"[soalnya pas itu kita lagi makan snack dari holland bakery]

arli terlihat ga nyaman.lalu datang lah pacarnya membantu dengan penuh kemachoan. dia ga malu meski pacarnya sedang terkena musibah yang sama sekali ga bergengsi itu.

lalu, sang pacar ikut sibuk membersihkan pup kucing yang baunya dahsyat tersebut.

haha, konyol juga liat orang pacaran. menggaungkan selalu ada di saat suka dan duka, padahal status aja ga jelas. mau2nya.

jadi kepikiran...mungkin perasaan pacarnya kurang lebih gini..

"arli, aku akan selalu membantumu. tak pernah pergi dari sisimu, meski pup kucing melekat di sepatumu, yakinlah aku kan selalu ada..."

hiiiiyyy....*ko jadi bayangin yang ngga2 si...*

setelah kejadian itu anak2 tenang lagi hingga akhirnya nyampe tempat tujuan. habis itu, han pergi ke wc dulu kan, pengen cuci muka. eh, ada arli...akhirnya kita ngobrol..

"hani maap ya, tadi kebauan ya di bis?"

"ngga ko sante aja.." [menjaga perasaan orang]

"tapi hani jangan musuhin aku gara2 pup kucing ya..."

lho2? han ketawa habis habisan dengerin kata2 dia..

"ngga lah ar...ga gaya banget musuhin orang cuma gara2 pup kucing doang.."

hihi, konyol.

setelah berpuas2 diri di kantor berita antara, singkatnya kita pergi ke dufan, main2 sampe puas, makan2, pulang de!!

seru2!!! hehe...

hikmah cerita ini : bersama itu emang lebih seru. han seneng bisa kenal anak2 ilkom kelas d.

yah, sudalah, cukup sekian cerita kulap han.

*cerita kulap apa cerita tragedi pup kucing si? heran*

mari2, salam

sekeping hikmah hari ini ;)

salam

hari ini baru dapet hikmah dari seseorang yang tentu ga bisa han sebut namanya di sini. katanya..

"kapan kita terakhir kali menyadari arti penting sebuah nafas?

betulkah karena nafas adalah sesuatu yang dikerjakan oleh saraf tak sadar maka ia menjadi suatu rutinitas yang tak kita sadari betul esensinya?

sama seperti dakwah kita, akhi..ukhti..", katanya.

"kapan terakhir kali kita merenungkan arti penting dakwah kita?

atau ia memang telah berjalan seperti sebuah rutinitas yang hanya mampu kita jalani? tak mampu kita rasakan setiap langkah perjuangannya...", sambung saudara han itu.

"banyak orang muslim di dunia ini, tapi berapa yang berdakwah? berapa yang istiqamah berdakwah? berapa yang ikhlas? berapa yang dirahmati Allah?

entah kita ada di tingkat mana, tapi insya Allah kita terus berusaha mengkerucutkan langkah perjuangan kita hingga ia menjadi sesuatu yang diridhai Allah..."

wah! jadi semangat denger kata2 yang disampeinnya!!

semangat!! semangat!!

ini mungkin jawaban Allah atas kepenatan han kemaren, saat banyak banget orang yang kirim sms isinya jarkoman semua!! gda orang yang kasih tausiyah, gda orang yang sekedar nyapa han, semua isinya ta'limat sampe han nyampe titik kulminasi dan agak sebel kalo mau buka sms yang masuk..he2.

serius, han bete banget saat itu. kenapa orang sms cuma pas mau jarkom doang?

kenapa gda sms yang bikin han aga relaks?

sampe akhirnya, seseorang bilang gini..

"ada titik dimana kita ga bisa ngeharapin semangat dari orang. saat itulah telah masuk waktu bagi kita untuk bangkit!!!"

fuuh, jadi tersadar. apa-apaan ini, nuntut mulu kerjanya.

bersaudara adalah banyak memberi, bukan banyak menuntut.

lalu2, bangkitlah han seketika!!!

menggelegar!!!!

hoho

iya de, jadi menggebu gini kan nulisnya..

This entry was posted in

Wednesday, 18 June 2008

malu menjadi muslim

malulah miliki predikat muslim

jika tetap berlindung dalam balut kebusukan yang menjalar

menyatu dengan hitam legam jahannam

malulah miliki predikat muslim

jika tak mampu cirikan keindahan sabililillah

tak henti mencoreng moreng kesucian putih tak bernoda

seharusnya kau malu miliki predikat muslim!

jika hidupmu tak bawa perubahan pada dunia

jika nafas, gerak, dan jiwa mu tak berarti pada perputaran hidup

tetap melaju meninggalkanmu yang kian tak berarti

malu! malu! malu lah kau sebagai seorang muslim!

This entry was posted in

Tuesday, 17 June 2008

dia adalah aku

apa yang dirasakan hanyalah serpihan lalu yang membuatnya terbujur kaku

menyendiri, diam, menari di tengah teater angan

bukan, jangan berpikir dia adalah sang tua yang hendak mati dalam kepenatannya

dia adalah sang gadis yang mencoba tegak membentang, menantang kerapuhan diri yang hendak ditepisnya dalam2..

dia adalah sang kuat yang torehan sejarahnya pada dunia tak terelakkan

dia adalah sang penakluk sejati yang setia akan apa yang telah dia pilih

dia adalah dunia bagi dirinya, dan akan membuat dirinya mendunia di tengah dunia manusia

dia adalah satu yang tak ada makhluk selainnya

dia adalah patrian sejarah yang tak pernah terpatri sebelumnya..

dia adalah aku.

 

alwushul17juni08

di akhir perkuliahan semester 2

iseng2 nuangin apa yang lagi dipikirin. sebenernya lagi penat, gimana ngga? selese kuliah bukannya bersenang2, malah ditambah amanah di luar perkuliahan

lagi mencoba untuk memahami bahwasanya han telah memilih untuk berkegiatan seperti itu, kalo han ngeluh lagi, artinya han ga bersyukur atas apa yang han pilih. iya kan?

makanya, han lagi mencoba untuk menikmati paket2 hadiah dari Allah yang insya Allah selalu buat han menjadi lebih baik...

Ah, Allah, rindu rasanya bersua denganMu..

 

Thursday, 12 June 2008

putrapurnamahahahah

okeh..okeh..

TADA!!!!

hani datang semua senang! wiih..wiih...

baru selese uas tertulis ni! yang paling terakhir tadi psikom, anak2 pada stress. hahah, alhamdulilah han ga ikut stress. yang han pelajarin tadi malem keluar semua, asiiikk

walo sebenernya han belajar ga serius2 amat, habis...tadi malem ada ta'lim a3.

yes! yes! ta'lim yang sangat membakar semangat kita untuk belajar!!

apalagi bahan uas han segabreg2, dari slide, dari catetan, dari buku, dengan jumlh total sekitar 250 halaman!! oh nwo!! mati kono..[dirun style, hahah]

alhamdulillah, uas tulis sudah berakhir, tinggal hari selasa ada uas lisan pengantar manajemen komunikasi. fufu. ga papa lah..karena hari seninnya ada hal yang sangat2 menyenangkan!!!

tebak..tebak?? wuuaaaa!!

han seangkatan ilkom bakal pergi kuliah lapangan!! sedaaapnya bauuu [upin ipin's style =p]

bersama anak kelas b, c, dan "D" kita akan pergi ke kantor berita antara di jakarte. habis itu, kita seangkatan mau jalan2 ke dupan!! asiiikk...

kabar baiknya adalah, semua hal ditanggung secara gretong....wuaaah, suatu kebahagiaan luar biasa bagi anak kosan seperti kami saat mendapatkan makanan gratis dan wisata gratis

hmm, tapi...habis uas ini masih belom bisa sante2.

habis ini han mau ngerjain presentasi mankom, then, mau ke cileunyi, lalu2 mau kumpul tim pembahasan standar baku penilaian bpm.

horeeeee!!!! mari2!!!!

ugh, jatinangor lagi mendung, tapi syahdu rasanya..

hani cinta jatinangor dengan seluk beluknya..!!

 

 

eia, last, hari ini hani pulaaaaaaaang!!

after long long ago!

Monday, 9 June 2008

tentang purnama

Adapun purnama, ia tak kan datang kecuali dengan satu siulan yang

Nadanya lembut nan syahdu, semakin memesona tuk dirindu

Ah, aku merindu…kembali!

Maka mengapa aku sendiri? Ketika dalam nyiur tetalu aku dapati rindu

Aku ingin berlari, tuju tapal dimana aku dan rindu bersatu

Lalu, mengapa aku masih sendiri?

Ah, rinduku gemuruh rindu

Mengangkasa padu pada lambai gemulai langit biru

Aku rindu, aku rindu..

 

Purnama, adakah rindu ini berbalas dendang rindu?

Atau mesti ku hantam hancur ia, hingga nadanya terseok karena

tak dapati rimbun teduh waktu..?

This entry was posted in

Thursday, 5 June 2008

pusing naah

lagi di wushul.

pusiiing naah

ga enak badan rasanya. pening kepala han, lemah fisik han.

huh.

no! harus tetep semangat! meski kondisi fisik lagi ga bagus!

habis ini mau pleno bpm, lagi2. dari kemaren ga beres2 tu pleno.

ampun, han nyerah kalo disuruh bahas tata tertib dan segala macam perundang-undangan.

bahas mekanisme penilaian aja udah cukup membingungkan.

 

oh, andai bisa bolos ikut pleno..sekaliiii aja!

huhu, tapi ga boleh. han mewakili 750 konstituen di fikom. harus amanah.

 

iyah, harus semangat..

harus semangat gitu?!

wisata budaya


tibalah kami di gerbang kampung seni dan wisata manglayang!!!

ini foto2 han bareng anak ilkom d 2007, wisata budaya ke kampung seni dan wisata manglayang dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah komunikasi lintas budaya. seru2!

makna sabar

hey2.

orang orang yang merasa dirinya kompeten dalam hal kesabaran, ajari han buat bersabar dong

belakangan lagi sensitif banget. marah sana sini, ga suka si ini ga suka si itu. huwah!!

bawaannya kesel mulu, pengen marah tiba2.

ada orang yang kalo ngobrol ama dia bikin han seneng sekaligus bikin han kesel. repot emang. senengnya karena emang dia orang koleris juga, sama kek han. jadi enak kalo cerita, banyak hal yang sama, nyambung. ga enaknya....huaaaa, dia itu nyebelin. *ga boleh gitu ya harusnya?*

dia melankolis sedangkan han sanguinis, seringnya bentrok disitu. sebenernya bukan masalah tipe kepribadian juga si, cuman...ada beberapa hal dari dia yang bikin han bener2 ga nyaman!! kesel!! *kayak han nyaman buat orang lain aja!*

arrrghh!!

maaf marah2, cuman han emang butuh pelampiasan kekesalan.

uda cerita ama dirun, uda cerita ama nisa..dinasihatin pake kata2 yang nusuk, tapi...

han masih tetep kesel. ga biasanya han gini. uda lama banget ga ngerasain kesel ama orang. dan sekarang justru han ngerasain kesel ama orang..

ga enak rasanya, kita yang kesel, kita yang tertekan..

tapi kenapa orangnya ga sadar2 juga?? huhu..kek han sadar aja atas semua kekurangan han.

gimana ini?

ajarin makna sabar dong!

Wednesday, 4 June 2008

flashback

salam.

mari flashback kegiatan han..

ahad.

1.sidang tengah tahun.

seru, asik, seneng. tapi ada satu hal yang bikin han kesel. hendrik sang presidium 1 ga dateng, SECARA TIBA2!!!! bener2 baru hari h kasih taunya. huah, sempet kaget juga. gimana ngga, otomatis han yang gantiin. padahal tadinya han kira han cuma gantiin untuk ngebuka sidang dan nge pending doang, ternyata.....fuh. hendrik ngeselin! tapi alesannya emang sar'i, dia sakit. han ga bisa berkutik. yah, moga ke depan dia selalu sehat, jadi ga berimbas ke han secara tiba2. kaget kan han digituin!

walo gitu, ternyata hari itu han ngerasain, ternyata mimpin sidang itu susah ga susah. jadi nambah de pengalaman han!

banyak hal2 memalukan saat han mimpin sidang. awal mula mimpin aja udah diketawain ama perwakilan bpm fakultas apaaaa gitu, lupa! belom lagi pas tengah sidang, seperti biasa, ketua bpmu lagi2 berulah. heran, ga da kapoknya gangguin sidang. uda sering diingetin padahal, sampe han dibilang presidium yang galak. huh.

hehe, tapi lucu juga, ada yang bilang ketokan palu han kurang tegas, penempatan waktu ngetoknya ga pas, dll. hah, entahlah. rasanya han bisa ngerasain penderitaan hendrik pas mimpin sidang

2. pleno tentang undang2 yang menyangkut tugas bpm

yah, setelah stt, kita bareng2 pulang ke rumah rakyat, pleno. tampang anak2 uda pada ga jelas. ketuanya sendiri ketiduran. ga pada bagus gitu. akhirnya cuma nentuin kelompok kerja pembahasan, dan pleno pun dipending sampe besok, kamis. baguslah...capek juga habisnya.

 

senin.

PULAAAAAAAAAAAANGGGG!!!

yah, entah kenapa waktu2 pulang selalu menyenangkan. sangat bahagia bisa pulang dan ketemu lagi sama orang2 yang sangat han cintain.

papap yang selalu bikin han terharu..

mama yang energik dan humoris..

rodiah yang baik, bikinin han makanan..

dan tentu, nadia yang menghibur..

luv u so

 

selasa

1. uas praktik mata kuliah komunikasi massa

huweh! parah!! kirain cuma presentasi hasil observasi doang. ternyata plus2 yang laen!! huwee.. mana presentasinya di ruang sidang lagi! gimana ga jiper batin?

tapi alhamdulillah, sejauh itu lancar2 aja ko...

2. kumpul bpm, bahas mekanisme penilaian

huah! parah! han ga ngerti apa2 tentang mekanisme penilaian. akhirnya cuma ikut berbicara seadanya aja. yang masih berhubungan sama logika keorganisasian berdasarkan pengalam han, baru han komentarin.

tapi gtw juga sih, buntu rasanya. entah ah, undang2 bpm itu keknya gda yang normal. gda yang pernah ngebenerin pula! malah nyuruh angkatan kita untuk bersemangat! seolah mereka uda lepas dari beban itu..

tidaak! kerjaan bpm tahun ini tu akumulasi bpm2 kemaren.

sudalah, semoga semua hal bisa menjadi lebih baik tahun ini. amin2.

 

Rabu. 

ini nih yang seru!

1. uas klb

tebak2 uas komunikasi lintas budaya han kek apa?

huah! mantap! kita sekelas jalan2 ke kampung seni dan wisata manglayang. liat berbagai pertunjukan adat di sana. main bareng, makan bareng, foto bareng, belajar main egrang bareng, belajar adat sunda bareng..

wah, momen terindah bersama kelas d!

han berangkat bareng temen2 sekelompok pake mobil biya, untungnya hari itu biya bawa apv, jadi semua anak kelompok muat di situ. disana kita disambut tarian reag.

habis itu keatas ,penjelasan sebentar, lalu dilanjutkan dengan penampilan adat mapag panganten. anak2 pada serius ngeliatin, sebagian lain asik dengan slr dan handycamnya, juga yang pake pocket cam, assik dengan objek2nya.

lalu setalah itu kita liat pertunjukan tutunggulan. itu loh! numbuk padi pake luseng sama alu. seru! han juga ikut nyiba lho!! hehe.

terus liat pertunjukan benjah, gulatnya sunda. di sini opik yang ikut main ke lapangan, han ga mau coba.

last, kita liat pertunjukan lodang. tabuhan2 dari bambu yang harmonis. naaah, yang ini juga han nyoba! seru!!

selesailah semua pertunjukan. kita diajakin main egrang!!

waaaaaaah, senangnya!!

han main egrang sampe puas banget, sampe temen2 ngetawain, sampe han dibilang ambisius, sampe tangan han lecet2, sampe ketika yang lain makan han tetep asik dengan egrangnya. huah!! seru!!!

hehe uas yang menyenangkan. setelah nya kita disusruh buat laporan si, tapi ga masalah. memori bareng anak kelas d itu yang nilainya ga terbayar..

 

2. rapat kelompok kerja bpm

yah, baru pulang dari sana han singgah seebentar di averous untuk pergi lagi ke rumah rakyat. ada bang des, kang deni, kang yandri sama teh iyry yang mukanya uda suntuk2.

untunglah saat itu han dateng dengan semangat!! hehe.

akhirnya rapat demi rapat berlanjut, hingga akhirnya sang ketua bpmu dateng membawa kekisruhan. heran, selalu gitu.

orang lagi rapat dia malah ngutip2 pembicaraan di film kebangsaan bpmu 89, film malaysia berjudul upin dan ipin. lucu emang filmnya, tapi kalo orang laen yang ngomong jadi hilang faktor2 lucunya.

yah, gitulah, bahas undang2 itu ternyata bukan hal yang menyenangkan, hoh.

ya uda de, gitu aja ceritanya...

minggu tenang ini han akan selalu sibuk dengan padetnya kegiatan. tetep bersemangat!!!

salam.