Thursday, 24 April 2008

problem solving

bagaimana seorang pakar komunikasi berbicara tentang problem solving?!

berikut jawabannya..

jalalludin rahmat dalam bukunya, psikologi komunikasi, mengungkapkan bahwa ada lima tahap proses penyelesaian masalah yang biasa yang dilakukan oleh kebanyakan manusia.

Terjadi peristiwa ketika perilaku yang biasa dihambat karena sebab-sebab tertentu. misalnya, ketika kita terbiasa pake jasa wireless tiap hari [mirip seseorang..], tiba2 suatu hari jaringannya putus dan bermasalah. nah inilah awal mulanya terjadi permasalahan. sesuatu diluar kebiasaan.

Menggali memori untuk mengetahui cara-cara apa saja yang efektif pada masa lalu. Ketika tau terjadi sebuah masalah, kita akan menganalogikan nya dengan cara2 di masa lampau, cara apa yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. menurut hasil penelitian, manusia cenderung berpikir secara analogi dibandingkan berpikir logis.

Mencoba seluruh kemungkinan pemecahan, disebut sebagai penyelesaian mekanis atau uji coba [trial and error]. yah, jelaslah, mencoba segal cara demi membuat keadaan normal seperti biasanya.

Menggunakan lambang-lambang verbal atau grafis untuk memahami masalah. well, tentang hal ini sebenernya han masih belum puas nanya bu feliza..tar ta tanya jauh lebih dalem lagi..

Lintasan pemecahan yang tiba-tiba muncul, disebut sebagai aha erlebnis [pengalaman aha], atau lebih lazim disebut insight solution. nah, ini nyangkut sama apa yang kemarin han tulis..

 

yep2, cukup sekian..di samping han ada rimeh yang baru cabut gigi, jadi aga sensitif. fufu, dia pengen cari tema buat hapenya, as she always does...

sudalah, kesian dia menanti2....

nyook, salam.

 

-alwushul, 24 april08-

This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment