Monday, 14 April 2008

nostalgia masa lalu [part 3]

^_^ kisah indah di smp,,

 

            Lulus dari SD, han bener-bener bingung mau nglanjutin kemana, ada banyak pilihan yang bikin han bingung saat itu, antara YAPIDH, NURUL FIKRI, IQRA, KHUSNUL KHATIMAH, dll. Entah kenapa, saat itu han ngerasa lebih mantep ke nf aja de,,Alhamdulillah setelah ada seleksi, akhirnya han diterima juga! Depok itu berbatasan langsung ama Jakarta Selatan, yaitu, pasar minggu. Kalo di Bandung, depok itu kayak cimahinya lah..dibilang beda kota, da deket, dibilang sama juga da udah beda kota. Yah itulah lokasi depok..! di depok, han tinggal ama keluarga bibi han yang ga jauh dari sekolah han, kalo jalan ada sekitar setengah jam-an lah,,biasanya han berangkat ke sekolah jalan kaki, berangkat jam setengah 7, nyampe suka pas-pasan bel masuk, atau kadang kalau lagi ga beruntung, suka telat, dan hukumannya adalah kena poin di BKM [buku kedisiplinan murid].

 

Pernah suatu saat, han telat dateng gara-gara satpamnya boongin han, waktu han nyampe gerbang gang sekolah, han Tanya ke beliau, pak udah bel ya? Beliau bilang, oooh,,belom ko, tenang aja..ya jelas aja han nyantai..begitu udah nyampe portal sekolah, han di cegat ama guru piket yang udah senyam senyum di meja kerjanya, lucu juga, muridnya telat, ini malah senyam senyum, tega banget! Ya udah, han tanya ke guru piketnya, hukuman han hari ini apa bu? Trus ibunya malah senyum jail gitu, han jadi ngeri sendiri. Ditanya gitu, beliau bilang, han, kamu bersihin ruang guru putri pake vacum cleaner aja ya,,kebetulan karpetnya udah kotor..HAH???ya ampun,,yang bener aja, ckck..akhirnya, walau dengan berat hati, han kerjain juga tugas itu, pertama, han mesti ke perpus ngambil vacuum cleaner, trus gotong alatnya ke ruang guru putri sendirian, mana pake diliatin segala lagi ama orangtua murid baru yang kalo ditafsirkan penglihatannya ke hani itu kayak bergumam,,Oooh,,NF punya cleaning service perempuan ya?huh,,setelah selesai, han baru deh masuk ke kelas lagi. Temen-temen han pada iseng banget lagi goda-godain han, ckck,,tabahkan hati banget!!

 

Oya, temen-temen SMP han se-kelas itu ada 20 orang, namanya, affaf karimah, aisyah ramadhani, anindya khairunnisa Zahra, annisa milki azizah, asma hilyah al-aulia, bestie fania rakhmita noer ananda, fadiah sabila, fawzia rahma, hafidzah fitriyyah, herviana, huda rumaisha, latifah qulbiy, nabilah, nadia nastasia, nafisah hisan nurjannah, rizkya ramadhani designerindy, sarah tasykuri izzati, talita zahrah fauziyyah, tiara rinjani ahmad, R.ajeng siti fatimah. Kami itu namain komunitas kami dengan sebutan AQUSTIC 19. Pokonya kelas han yang satu ini emang terkenal kompak banget deh..di NF, satu-satunya kelas tanpa geng adalah kelas han. Antara membernya bener-bener slalu jaga hubungan banget!

 

 

Han punya kelas di lantai 2, dan saat lomba menghias kelas, ternyata kelas han yang selalu jadi pemenang dengan tema kelas yang indah-indah banget. Kelas satu dan dua, kelas han ambil tema laut, trus kelas 3 karena udah bosen, kita ganti suasana jadi bertema kan salju. Ternyata kondisi kelas sangat berpengaruh ama mood kita buat belajar. Di kelas han ada kipas angin yang kadang suka menimbulkan decitan menyeramkan yang ngebuat anak-anak pada mikir kipas anginnya bakal jatuh dan nimpa kepala mereka, dan menggal kepala sebagian lainnya, dan kalo udah kayak gitu, kompak anak-anak pada nge koor, MATIIN KIPAS ANGINNYA!!!!

 

 

Trus juga ada pengalaman unik waktu di kelas baru dikasih dispenser baru, dari rumah, anak-anak ada yang bawa kopi, susu, teh, dll..nah, waktu han lagi stress banget ama tugas, temen han ada yang nawarin kayak gini, han, mu ku bikinin teh ga? Hah, han sempet bengong, soalnya anak yang nawarin itu yang biasanya bercanda-canda ama hani. Ngliat wajah dia yang nunjukin keseriusan, han jadi sadar kalo dia ga main-main. Han ngangguk aja, sambil bilang, boleh deh..makasih ya..Ya uda, temen han itu pergi bikin teh ke pojok kelas, begitu dia dateng, han abisin  aja teh nya langsung. Pas udah selesai, dia bilang gini, han, bayar ongkos pembuatannya,,Hah??ga bisa dihindari, han ama dia perang mulut boongan deh, brcanda doang gitu..

 

Tentang guru, di sana itu gurunya BAEEEEKKK syekali..dan antara guru ama murid itu udah kayak temen ama temen aja, kita bisa curhat-curhatan, main, kejar-kejaran, nyubit, iseng, pokonya mantap lah..han punya dua temen deket han yang keduanya adalah seorang guru, beliau-beliau itu orangnya perhatian banget, han suka..

 

 

Ada guru yang han panggil babeh, papi, mami, ummi, bunda, juga papa..kalo bunda, itu buat wali kelas han yang sabar banget, babeh itu buat pak budi yang pernah jadi walas sementara waktu bunda cuti ngelahirin, kalo mami, buat bu venny sang guru bp yang han sayangin, papi buat pak wahyu suaminya bu venny yang ngajar komputer, dan kalo papa adalah buat pak oktori yang menurut han ke-bapak-an banget. Cara ngajar papa lucu banget, jadi beliau itu suka kasih cerita lucu dulu sebelum belajar. Atau kadang-kadang yang mestinya belajar matematika, ini malah diselingin ama pelajaran membuat kapal-kapalan dari kertas, atau juga ga jarang kita belajar di lapangan, pas di bawah pohon yang rindang, atau bahkan di perpus yang ber-ac. Pernah juga suatu saat guru bahasa han nraktir anak-anak es krim, trus kita belajar di perpus sambil nonton vcd harun yahya. Ga terhitung deh baeknya guru-guru SMP han..di SMP han termasuk orang yang suka akan kesibukan, jadi han ambil 3 kegiatan sekaligus, han ikut osis, panahan, ama karate. Yang mnakjubkan, kelas 2 waktu ada pemilihan ketua osis putri baru, kelas han mengajukan hampir 8 orang calon, dan hani salah satunya, belum lagi kelas B yang nyalonin sekitar 7 orang calon. Seleksi berjalan terus-menerus, banyak diantara temen han yang ter-eliminasi, sebagian lain masih berjuang bareng han. Sampai akhirnya cuma 3 orang yang lulus saringan, dan hani ada di antaranya. Voting pun mulai diadain, dan tanpa han sangka, ternyata suara tumplek di han dengan perbandinagn angka yang jauh ama ke dua temen han yang lainnya, dengan adanya hasil itu, han jadilah punya amanah yang sangat berat. Apalagi saat itu han masih jadi ketua kelas, dengan status rangkap jabatan kayak gitu han sering ngerasa lemah banget, capek banget lah..mana belum lagi kalau panahan ada kegiatan, karate ada latihan, duuuh,,suka jadi bingung sendiri!! Yang menarik dari ikut osis itu, han harus bisa ngendaliin diri dan wibawa yang bagi han pribadi itu susah banget,,mimpin rapat, ngadepin masalah internal osis, belum lagi cek-cok ama guru, duh, makan hati banget,,ga jarang han nangisin kelemahan han yang ga terbatas,,tapi ternyata itulah perjuangan yang sarat akan tantangan, dan han suka tantangan!!! Pernah suatu saat waktu han nge-ospek anak-anak baru di bumi perkemahan cibubur, han ngerasain yang namanya capeeek banget. Dari pagi ampe pagi lagi selama 3 hari di perkemahan mesti bimbing ade-ade barunya..fiuuuh, jelas aja han ngerasa gempor banget ..apalagi, saat itu anak osis putri ga dapet tenda khusus, dan cuma bisa tidur dengan beralaskan rumput dan beratapkan langit. Bagus bisa tidur, han sat itu mesti jaga-jaga sebagai seorang ketua yang bertanggung jawab. Seharian han ga tidur alhamdulillah ga nyurutin semangat han besok paginya,,han pagi sekali mesti mimpin ade-ade lari pagi keliling bumi perkemahan..Sampai besok shubuhnya, han ketiduran di lapangan sendirian..ckck..untung temen han masih berbaik hati mau bangunin han..Rame lah!!!

 

 

            Trus kalo tentang panahan, han pernah ikut lomba tingkat jabotabek buat para pelajar lho..bagi han, itu pengalaman hebat yang gak kan tergantikan oleh apapun jua[saaah..]. ya si han ga menang, tapi stidaknya telah memberi han pengalaman hebat yang ga terlupakan. Han ikut ekskul panahan awalnya karena jarang banget ada sekolah yang memfasilitasi kayak gitu, mumpung ada dan sempet, ya kenapa ngga? Meski awalnya kelas satu cuma han aja yang ikut, tapi han tetep nekat, abis kayaknya keren banget bisa memanah. Pertama kali ekskul, sekolah belom punya bantalan target, so kita jadiin pohon pisang target yang terus-terusan kita tembak[ga berperi tumbuhan banget ya?hehe..] Pelatih panahan han namanya ka ramdhan ama ka deff rizal, mereka itu mahasiswa fakultas keolahragaan universitas negeri Jakarta. Beliau itu kaka-kaka yang baek banget, ngajarnya nyantai, penuh rasa humoris, kadang suka rela berkorban dengan jajanin anak-anak yang bisa nembak balon yang ditaro di bantalan target, asyik deh..Trus, dengan belajar panahan, han juga bisa lebih konsentrasi belajar, layaknya han konsentrasi buat masukin anak panah ke target yang paling dalem. Han bersyukur banget bisa mengikuti ekskul itu, sangat bersyukur..

           

 

Yang terakhir, ekskul han itu karate. Pada dasarnya han emang suka ama semua jenis bela diri, kenapa? Karena sekarang seharusnya semua orang punya keterampilan menjaga diri, apalagi, han adalah seorang wanita yang mesti berhati-hati selalu dari godaan orang-orang yang ga beres. Kalo ada yang berani ganggu han kan tinggal ngeluarin jurus apa kek yang lagi diinget, hehehe..sekarang han udah pegang sabuk biru, waktu mau ujian kenaikan sabuk coklat kemaren, han lagi ada ujian sekolah, so han ga bisa ikut, jadi sampai sekarang masih ngendog di sabuk biru. Di sekolah kalo ga ada sempainya[pelatih], han sering diminta jadi sempai pengganti. Trus kalo lagi kumite[tanding berpasangan], sempai suka ngajakin tanding lawan han, han terima aja tantangannya, alhamdulillah han ga bonyok, cuma pegel-pegel badan aja si, hasilnya seri, han tau, sempai ga ngluarin semua tenaganya. Kalo lagi bete banget, han suka nunggu waktu latihan karate, bagi han, karate itu pelepas bete banget! Bayangkan, di sana han bebas nendang dan mukul orang, han bebas tereak sesuka han, lega banget dah kalo udah latihan karate..ni hati rasanya ploooong gichu^^ han cinta karate!!

           

 

Di smp juga han sering ada jalan-jalan, mau kemah ke, atau juga nginep di villa-villa. Yang paling berkesan itu, waktu ada acara motivasi training yang diadain di sukabumi buat semua anak angkatan han. Acara itu bener-bener ngasih spirit buat han…di sana itu dingiiiin banget, trus waktu pagi-paginya han seneng banget, soalnya diajak jalan-jalan ke daerah persawahan. Kayaknya butiran padi itu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang yang memandangnya. Di sana han ketemu ama seorang bapak yang lagi ngurus kebun sawi, bapak itu bilang ginih, ‘jadi orang kota itu enak ya neng?’, han kaget lah pasti ditanya begitu, apalagi bapaknya pake acara merendahkan orang-orang desa kalo dibandingin ama orang kota yang serba maju. Han bilang aja kalo di kota juga ada ga enaknya, contohnya faktor udara yang bener-bener ga ada segernya sama sekali. Trus kalo dalam faktanya orang kota itu cepet bosen, karena mereka itu hidup cuma buat ngejar harta, bukan kebahagiaan. Yah, akhirnya han ama bapak itu diskusi sebagai orang kota dan orang desa. Han banyak belajar dari bapak itu.

           

 

Cerita tentang smp han, dari tadi han belom jelasin tentang anak putra di sekolah han ya? Jadi sekolah han itu buat laki-perempuan, tapi antar kelasnya itu dipisah, kalo putri adanya di lantai 2, putra di lantai 3, dan kita beda tangga, jadi bisa dibilang kalo han itu cukup asing ama makhluk bernama laki-laki. Di sekolah han itu, kalo ketauan ada hubungan atau ngga pacaran antara lawan jenis, pasti langsung ditindak lanjuti, kecuali komunikasi yang berdasarkan atas  kepentingan osis, atau ngga keperluan yang bener-bener perlu lainnya. Itu semua berlandaskan atas hukum islam yang sangat menjaga dengan baik batasan antara yang laki-laki dan  yang perempuan.

 

 

Han rasa, smp itu indah banget..dan ga kan tergantikan oleh barang berharga lainnya..di masa smp juga han belajar tentang arti kemandirian..han mesti bisa ngatur uang jajan sendiri perbulan, han juga ga boleh manja, kalo lagi ada masalah, han dituntut buat nyelsein masalah itu tanpa bantuan orang tua. Kadang, kalo han lagi kangen banget ama keluarga han di bandung, han suka jadi nangis sendiri, hix..Tapi semua itu udah berakhir, pas lulus smp, han mesti pindahan lagi ke bandung, dan cari smu yang paling baik buat han..

 

Sekarang, cerita han udah nyampe masa-masa transisi antara smp & sma..simak terus ya…

2 comments:

  1. hihihi..... han bersiin ruang guru pake vacuum cleaner...membahagiakan sekali ngebayanginnya...hehe..peace honey...
    Oh ikut osis, kenapa di sma ta ikut
    Oh oh oh bentar lagi ni cerita sma
    Hmmm...insya Allah bakalan simak terus de.....

    ReplyDelete
  2. assalamu'alaikum
    ini lathifah,yang dulu pernah sekelas waktu di NF dulu.tapi aku pindah ke bandung
    . masih inget g?

    ReplyDelete