Wednesday, 27 February 2008

veronica guerin

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Documentary
Wanita itu bernama veronica Guerin, seorang wanita Irlandia yang bekerja sebagai wartawan di Sunday Independent, sebuah koran mingguan Irlandia yang terbit setiap hari minggu . Rambut wanita fenomenal itu pirang, gurat wajahnya tegas, seolah menggambarkan ketegasan dirinya dalam menyuarakan kebenaran. Perangainya terbilang maskulin dengan aktifitas merokok,bermain bola, dan mengebut di jalanan yang seolah tak bisa terpisahkan dari citra namanya. Sepak terjangnya sebagai seorang jurnalis cukup menyita perhatian banyak pihak saat itu, bagaimana tidak, veronica dikenal sebagai seorang jurnalis yang sangat vocal menyuarakan berbagai skandal di gereja dan berbagai tindakan kriminal.
Suatu hari, bermula dari keprihatinan dia ketika mengetahui betapa pesatnya peredaran narkoba dan obat bius di sekitar Dublin, Irlandia, Veronica memutuskan untuk mulai mengusut masalah yang dia anggap krusial ini. Dia sangat terheran-heran ketika mengetahui banyak anak-anak di bawah umur yang menjadi korban barang haram tersebut. Keprihatinan itu membawa dia dalam pencarian lebih lanjut, hingga dia mencari dan mendapat cukup info mengenai hal tersebut dari kawannya, Jhon Treynor, yang terbilang cukup mengetahui banyak hal mengenai dunia hitam. Setiap kali Veronica bercerita tentang pencarian dan rasa penasarannya tentang pelaku pengedaran, setiap itu pula Treynor mengondisikan persepsi Veronica agar tertuju pada sebuah nama, Martin Cahill-sang jenderal, sebagai pelakunya. Treynor bisa dikatakan berhasil membius Veronica kala itu, namun tidak berlangsung lama, karena Martin Cahill yang disebut-sebut Treynor sebagai dalang pengedaran itu ternyata tewas terbunuh. Hal itu membuat Veronica berfikir ulang tentang siapa sebenarnya Martin Cahill, hingga akhirnya dia menemukan fakta bahwa Cahill telah bangkrut sebelum terbunuh. Tentu info itu menjadi catatan penting bagi Veronica bahwa Cahill tak mungkin dalang dibalik semua ini. Justru pihak yang telah membunuh Cahill lah yang kemungkinan besar sebagai dalang pengedaran barang barang haram di Dublin, Irlandia. Lagi-lagi, Veronica memanfaatkan kedekatannya dengan Treynor sebagai sumber info mengenai hal-hal dibalik kematian Cahill. Treynor yang memang tak berada di pihak Veronica menyebutkan satu nama yang dinyatakan sebagai pembunuh Cahill, adalah Gerry Hutch-si monk. Treynor, lagi-lagi memang tidak mengatakan hal yang sebenarnya, dia hanya menjawab investigasi Veronica dengan jawaban yang kira-kira mampu membuat jurnalis keras itu puas.Tak lama berselang, veronica yang akrab dipanggil Ronnie mengalami terror yang menghantui rumahnya. Bayangkan saja, terror yang dialaminya tidak main-main, orang-orang misterius yang kala itu datang adalah mereka yang membawa senjata api dan membrondong rumahnya dengan tembakan-tembakan naas. Namun, hal itu tidak justru membuat langkah Veronica gentar. Dia tetap memutuskan untuk tidak berhenti menulis. Rasa penasarannya justru makin menggebu, dia datangilah Hutch dengan segera. Hutch yang ditemuinya membantah semua tuduhan Veronica tentang keterlibatannya dalam pengedaran obat bius dan Hutch juga membantah bahwa dirinyalah yang dalang dibalik terror yang menimpa Veronica.
Hari demi hari, Veronica semakin terlarut dalam pencariannya. Untuk menambah informasi mengenai peredaran obat bius ini, tak lupa dia meminta informasi dari Brian Meehan, seorang detektif yang menunjukkan pada dirinya foto Treynor dan Gilligan saat mereke berdua baru saja keluar dari penjara Amsterdam. Veronica kaget, insting kuatnya baru menyadari bahwa sebenarnya Gilligan lah orang yang dia cari-cari selama ini. Dia juga akhirnya menyadari bahwa Treynor bukanlah seorang informan yang bisa dipercaya, karena dia adalah orang dekat Gilligan.


Setelah dia menyadari sesuatu yang besar tersebut, Veronica tak lantas puas. Ia selalu bertekad untuk mengusut tuntas kasus ini, meski semenjak itu Veronica selalu mendapat terror, hingga kaki kirinya pun ditembak orang misterius tepat di malam ketika Veronica merayakan natal. Tentu peristiwa itu membuat suaminya, Graham, merasa bahwa Veronica harus menghentikan investigasinya. Hal senada diungkapkan kawan-kawan Veronica yang semakin khawatir melihat keadaannya. Namun, Veronica mungkin tetaplah Veronica yang keras kemauan, langkahnya tak langsung surut dengan kondisi yang kian menghimpitnya. Hingga suatu hari, dengan kenekatannya yang memuncak, Veronica mendatangi Gilligan langsung ke tempat kediamannya. Saat itu dia berhasil menemui Gilligan, tetapi sayang, dia sama sekali tak berhasil mendapatkan info apapun mengenai pencariannya, karena ketika dia baru saja bertanya, Gilligan yang emosional langsung menghampirinya dan menghujaninya dengan pukulan tendangan, cacian, dan makian yang memaksa Veronica untuk segera menjauh dari kediaman Gilligan. Beberapa saat setelah peristiwa itu, Veronica mendapatkan telepon dari Gilligan yang mengatakan bahwa dirinya akan mengganggu keluarganya jika penulisan tentang Gilligan dan peredaran kasus obat bius masih tetap dilanjutkan. Ibu dari seorang anak yang bernama Cathal itu pun sempat merasa takut dan bingung dengan dua pilihannya, akankah dia tetap melanjutkan kepenulisannya, ataukah berhenti untuk menuntut perlakuan Gilligan ke pengadilan.
Setelah perhelatannya di dunia investigasi kian saja memuncak, suatu saat setelahnya Veronica bertemu kembali dengan Treynor yang mengetahui bahwa Veronica diancam Gilligan. Treynor berusaha kompromi dengan Veronica untuk mempertimbangkan ancaman Gilligan kepadanya, dia berusaha mendesak Veronica untuk berhenti menulis. Belum berakhir pembicaraan mereka, seorang wanita muda menghampiri meja Veronica dan Treynor, secara spontan dia langsung membeberkan bahwa Treynorlah dalang di balik penembakan yang menyebabkan kaki kiri Veronica tertembak baru-baru ini. Veronica kaget, dan terhapuslah seketika kebingungannya menghadapai ancaman Gilligan. Dia memutuskan untuk menuntut perlakuan Gilligan ke pengadilan.


Mengetahui dirinya dituntut Veronica di sebuah pengadilan, Gilligan marah besar dan langsung menggunakan seribu caranya untuk memusnahkan orang kritis tersebut. Hari pertama sidang, hakim memutuskan untuk menunda perkara ini sampai dua bulan ke depan. Tentu ini adalah kemenangan besar bagi Gilligan yang dilain pihak membuahkan kekecewaan besar bagi Veronica. Belum sempat menyelesaikan masa tunggunya menghadapi sidang berikutnya, pada tanggal 26 juni 1996, selepas menghadiri sidang tilang yang menimpanya, operasi pembunuhan atas Veronica pun dilakukan atas perintah Gilligan. Berhenti di sebuah lampu merah di jalan naas, Veronica yang kala itu sedang menelfon detektif Brian Meehan langsung diberondong peluru oleh dua orang misterius yang mengendarai sepeda motor tepat di samping mobilnya. Dia akhirnya tewas sebelum sempat menjawab rasa penasarannya untuk menyelesaikan masalah pengedaran obat bius.
Berita baiknya, kematian Veronica tidak serta merta menjadi kematian bagi jiwa kritis bangsa Irlandia. Justru dengan kematiannyalah pemerintahan Irlandia merasa terpanggil untuk memperbaiki kinerja kerjanya. Tak lama, Undang Undang yang berisi penyitaan asset dan kekayaan para pelaku tindak criminal, terutama di bidang pengedaran obat bius pun akhirnya ditegakkan. Aksi aksi yang menentang peredaran obat bius dan narkoba pun mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Bangsa Irlandia seolah baru saja terbangun dari tidur panjangnya, mirisnya, bangunnya mereka harus didahului dengan kematian seorang jurnais berani yang tak gentar mengungkap kebenaran.
Akhir cerita, pihak yang berwajib berhasil menemukan pembunuh Veronica yang akhirnya dijatuhi hukuman mati, dan mereka pun berhasil menjerat Gilligan dengan hukuman 28 tahun penjara setelah sebelumnya assetnya dibekukan, dan tak ketinggalan, mereka juga berhasil mengektradisi Treynor yang saat itu melarikan diri keluar negeri.

psikologi komunikasi-jalaludin rahmat

Bila kita mencermati arti psikologi komunikasi dari kata-kata yang membentuknya, maka akan kita temukan dua kata yang berbeda maknanya, namun saling berkaitan, yaitu psikologi dan komunikasi. Psikologi sendiri, menurut Miller (1974:4) adalah ilmu yang berusaha menjelaskan, memprediksi, dan mengontrol mental dan peristiwa yang berkaitan dengan perangai . Sedangkan komunikasi, menurut Hovland, Janis, dan Kelly (1953:12) berarti sebuah proses dimana seorang individu sebagai komunikator menyampaikan stimulant yang biasanya verbal untuk mengubah perilaku orang lainnya.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menemukan definisi harfiah dari psikologi komunikasi. Psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.

Berbeda dengan tinjauan secara harfiah, kamus psikologi, Dictionary of behavioural science, menyebutkan ada enam pengertian komunikasi dalam kerangka psikologi, dua diantaranya adalah;

  • Komunikasi adalah pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. (K. Lewin)

  • Komunikasi adalah penyampaian perubahan energy dari satu tempat ke tempat yang lain seperti dalam system saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara

Lima Tanda Komunikasi Efektif

Komunikasi yang efektif, menurut Stewart L Tubbs dan Sylvia Moss (1974:9-13), paling tidak menimbulkan lima hal ; pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang makin baik, dan tindakan.

  • Pengertian

Pengertian artinya penerimaan yang cermat dari sisi stimuli seperti yang dimaksud oleh komunikator. Kegagalan menerima isi pesan secara cermat disebut kegagalan komunikasi primer (primary breakdown in communication). Perlu pemahaman mengenai psikologi pesan dan psikologi komunikator untuk menghindari hal tersebut.


  • Kesenangan

Tidak semua komunikasi ditujukan untuk menyampaikan informasi dan membentuk pengertian. Adapula komunikasi yang lazim disebut komunikasi fatis (phatic communication) yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesenangan. Komunikasi inilah yang menjadikan hubungan kita hangat, akrab, dan menyenangkan. Dalam hal ini kita perlu mempelajari psikologi tentang system komunikasi interpersonal.


  • Mempengaruhi Sikap

Bisa dikatakan bahwa komunikasi yang kita jalin kebanyakan adalah untuk saling mempengaruhi satu sama lain. Komunikasi membahasakannya dengan, komunikasi persuasive. Komunikasi ini memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan yang menimbulkan efek pada komunikan. Persuasif sendiri didefinisikan sebagai proses mempengaruhi pendapat, sikap, dan tindakan orang dengan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. (Kamus Ilmu Komunikasi, 1979).

  • Hubungan Sosial yang Baik

Sebagai makhluk sosial yang tak pernah bisa sendiri dalam kehidupannya, manusia mempunyai daftar kebutuhan sosial yang akan menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan (control), dan cinta serta kasih saying (affection). Kebutuhan sosial ini hanya bisa dipenuhi dengan komunikasi interpersonal yang efektif.

  • Tindakan

Menimbulkan tindakan nyata memang indicator yang baik untuk mengukur seberapa besar efektivitas yang terjalin selama komunikasi berlangsung karena untuk menimbulkan tindakan, kita harus berhasil terlebih dahulu menanamkan pengertian, membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik. Tindakan adalah hasil kumulatif seluruh proses komunikasi. Hal ini bukan saja memerlukan pemahaman tentang seluruh mekanisme psikologis yang terlibat dalam proses komunikasi, tetapi juga factor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia.

Monday, 25 February 2008

homesick

salam.

MAU PULAAAAAANNNGGGGGG!!!!!!!!!!!!!

pengen pulang ke rumah, huee..kangen rumah.

semester 2 ini bener2 beda kayak semester 1. kalo dulu han sering banget pulang, sampe 1 minggu bisa berapa kali, sekarang 2 minggu sekali aja uda sangat bagus.

fufu, masih berkutat sama jatinangor hari2 han ini, cadangan kantong kian menipis. duit dipinjem orang, mau nagih juga lagi tanggal tua. mau ngutang, gda yang bisa diutangin. ampun de, tadi mesti bayar makrab 2007 yang ga menarik itu lagi. haduh, padahal tadi han sama temen2 uda bikin strategi menghindari tagihan uang makrab. ngeselin, masa ikut ngga ikut bayar si, huh!

jadi, han makan apa siang ini?

uang han ga lebih dari 12 rebu lagi, kian menipis aja.fuuh..

makrab dj uda berakhir, i swear, thats trully a bad idea to join with!

[perasaann dari tadi ngomel mulu ya?]

maaf de..

okeh2!!! masih ada tantangan mubes bki buat ke depan. alhmdulillah, temen2 2007 sangat kooperatif, TERUTAMA akhwatnya. han jadi ngga pernah ngerasa sendiri, they do care about it, so do i...

apalagi ya?

umm, jadwal han semakin memadat aja dari hari ke hari, seneng, ga sering nganggur.

apaan lagi ya? cerita tentang mata kuliah semester 2 aja yok?! [gih! gih!]

oceh, mule dari hari senin. ada psikologi komunikasi sama pengantar ilmu jurnalistik. psikom asik banget!! han suka belajar psikom, tapi aga berat si. nyambung2 filsafat juga habisnya. PIJ bener2 horrible banget, walo dosennya rame [yang aga over juga sebenernya] tapi tugasnya itu loh!! suka ga nanggung!! fuh! tapi gpp, ga menyurutkan niat han masuk jurnal.

selasa, pengantar ilmu public relation [dosennya ga mau dibilang humas] sama pa aang yang menyenangkan, dan komunikasi massa, tetep sama beliau juga. wah,asiknya...pa aang enak banget cara jelasinnya. top..top..

rabu, kuliah ruhaniyah..he2

kamis, pengantar ilmu manajemen komunikasi. belom pernah ngerasain masuk kelas ini. minggu kemaren kan bolos pas ikut aksi, heheh. piiis...[semoga ma2 gtw. amiin..;p]

jum'at, komunikasi lintas budaya yang ips banget, sosiologi komunikasi yang bikin ngantuk [dosennya mirip pa ahmad, guru sma han!], sama komunikasi visual sama bapak yang...ummm...gitulah! [konotasi negatif. red]

sabtu ahad sks organisasi paling..ehe2.

udahan ah, kebanyakan.

as always, semangat han!

yep2

 

Tuesday, 19 February 2008

djatinangor penuh cerita

salam.

umm, semaleman bantuin anak2 bpm bikin propaganda buat aksi damai tanggal 21 besok di dipati ukur!

aku cinta unpad! unpad 1! menuntut transparansi dana kemahasiswaan!

yey, Allahu akbar!!

besok han ikut aksi loh, tapi cuman bentar aja paling, ada kuliah pas siangnya. komunikasi lintas budaya sama pengantar ilmu manajemen komunikasi. sayang kalo dilewatkan.

trus, pas uda beres bantu2in, han langsung bobo. nd...dapet mimpi indah! he2.

rasanya han lagi gimanaaa gitu! lagi mencintai jatinangor ni..mencintai fikom, mencintai bki, dan tentu, mencintai averous.

wah2.

eia, han lagi online di connect warnet. di sini JAUH lebih cepet dari imago, berasa lagi online di rumah. seneng de! fufufu..

duh, sebenernya han kemaren uda buat tulisan yang aga serius, tapi belom di post in. habis pas mau wireless an di fikom's library dia ga konek. payah ah!

uda de, mau mencari artikel tentang veronica guerin dulu. tugas pengantar ilmu jurnalistik. yayaya, harus han kerjain dengan sepenuh hati.

tugas psikologi komunikasi pun menanti.

tetep semangat han!!

yayaya, as always

Sunday, 17 February 2008

buat aku menyejarah

salam.

fokus2! fokus2!

M.U.B.E.S BKI 2008..[jadilah ketua panitia yang baik han, jangan sia2kan kepercayaan orang...*amin*]

IP 4 semester 2 dst [belajar han, jangan suka mikirin yang ngga prioritas!]

divisi humas dJatinangor..[chao han! jangan males kumpul dJ lagi! han harus berguna buat temen2 dJ. apalagi senin besok dJ terbit! ayo2! mesti bikin dJ jadi majalah yang always sold out! *amin*]

ayo han, jadi hamba Allah yang selalu berkesinambungan dalam beramal. jangan kebanyakan bobo, jangan biarin kamar berantakan, jangan boros, jangan temperamen.

saya percaya, han selalu bisa ngadepin semua rintangan yang ada!

yep..yep..

semangat!! [selalu..]

Tuesday, 12 February 2008

lelah sungguh

salam.

fuh, hari ini sungguh lelah. sejak jam 6 pagi, han uda ngubekin kamar mandi buat nyuci baju yang seabreg itu. yak ampun, nyampe4 ember!! uda lama ta nyuci rasanya jadi pegel banget..

tadinya mau dibawa ke rumah cuci, nyewa mesin cuci. tapi...kayaknya akhir2 ini pengeluaran han gede banget, akhirnya ga jadi. pas han mau jemur, di atas lagi ada bu wawat yang baru mau nyuci baju anak2. han ketawa sambil bilang.."hahaha, ibu!! akhirnya han menang!! han duluan yang selesai nyuci!" bu wawat senyam senyum sambil bilang "yaaah, neng haniii.."

habis, biasanya han keduluan mulu sama bu wawat kalo lagi nyuci.tapi baguslah, ini hari kemenangan han, ha2. *dasar gila menang*

setelah beres ngejemur yang dibantuin juga ama salibone, han turun ke bawah, dan mutusin beresin baju2 di lemari, dilipet2 gitu. belom lama, hujan turun. ampun, unlucky banget. berduyun2 lah han sama salibone ngambilin baju2 itu buat dipindahin ke tempat yang lebih teduh. repotnya..

setelah lipet2 baju selemari dan beres2 kamar, han tepar. dan mutusin buat nonton tv sambil lying di kasur, lazily. tapi kan emang beneran lelah, bukan bermalas2.

ba'da zuhur, han inget punya janji sama jaka, alam, dan erik buat kumpul divisi acara buat acaranya dJ. tapi......tapi......uda dibela2in han pergi, pas di tengah jalan sms alam, dia bilang dengan entengnya, kemaren mereka jadi kumpul pas han ada acara.

GA SOPAN!!

akhirnya, nyangkutlah han di imago yang lelet ini.

whatever, hari ini emang melelahkan, lelah fisik lelah batin...

 

tapi tetep, semangat

well, han kudu bantu t nui belanja buat masak2 di averous malem ini. uda dulu.

salam.

Friday, 8 February 2008

Thursday, 7 February 2008

ip pertama

salam.

mau ceritaa. ip pertama han, hiks...

han akuin itu ip yang bagus dan han bersyukur, tapi han bener2 ga tenang, habis kayaknya bakal ada yang lebih tinggi. entah kenapa, han masih tetep terobsesi dengan kata menang dan phobia kata kalah.

sombong, emang.

tapi..tapi..KENAPA HAN BISA KALAH???

huff, padahal han pengen buktiin, kalo orang2 yang ga suka contek mencontek itu pasti bisa lebih dari mereka yang masi contek2an. tapi, sebenernya emang pada dasarnya han ga maksimal di mata kuliah itu.

astaghfirullah..

niat han kayaknya uda ga bagus. astaghfirullah..

mestinya han mencoba untuk bersyukur, mencoba untuk bermuhasabah.

Allah ga pernah bisa disalahkan dalam hal apapun, hani yang selalu salah.

han pengen ip han di semester 2 bisa sempurna, 4.

pasalnya han sama a ihsan uda berazzam bakal lomba gede2an ip.

semester ini dia 4! dan han..kalah 0,23. dan kayaknya temen sekelas han ada yang lebih gede. susah menerima kenyataan, tapi, yup, jadikan itu sebuah pembelajaran.

semester depan harus lebih baik!!!

fotografi han B, english han B[?].

malah statistik yang A, padahal targetnya min B..

 

fuh, alhamdulillah ya Allah..

masih Kau beri pada han semangat untuk lebih baik.

bantu han ya Allah, luruskan niat han untuk berdakwah di bidang ilmu, selain bidang dakwah yang lain.

amin2.

 

JURNAL, HERE I COME!! [lho?]

hehe, semangat han!

Friday, 1 February 2008

liebe papap

salam.

han lagi kangen banget ama papap. entah, meski papap sering pergi2, tapi kali ini han berharap papap ada di rumah. saat ini juga! jagain mama, han, ama rodiah..

han mau papaap...[tiba2 melo]

pap masi di bali, mukernas sebuah partai. [ha2, so rahasia..]

hani mau papaaaap...

 

tapi papap pergi untuk kebaikan ummat.

han bangga punya papap kayak papap...han sayang papap...