Tuesday, 30 December 2008

tujuh purnama

dua belas purnama sudah berlalu
seperti berlalunya mahkota mawar
gugur dalam dekapan putik yang anggun
satu
dua
tiga..
hingga tak sadar telah habis waktu.
lalu..
mahkluk bernama penghujung tertawa, tujuh purnama lamanya
menanti keriangan baru, cerita baru.
bisa saja akhir adalah sedih, tapi kini
tawalah penghiasnya.
biar saja menunggu lama, biar saja kembali menderita
bila memang pada akhirnya ia kan temukan
purnama yang akan ia beri nama.
This entry was posted in

jatinangor akhir tahun

compose blog entry :
...
...
ng..
aha!..

hani lagi di jatinangor loh kawan2. nyangkut tiba2 di sini sejak kemaren. ya, han berangkat dari Bandung sekitar jam 4 lewat, bawa sufi ngebut2 karena uda di sms-in temen2 sekelompok bia segera dateng ke jatinangor.
jadi kita ada proyek ngerjain tugas OJ [orientasi jurnalistik] yang..hm...
dibilang bermanfaat, emang punya manfaat.
tapi dibilang manusiawi, sungguh jauh dari itu..
berlebihan emang, tapi rasanya ga rasional aja. oke, han bukan mau ngeluh. han cuma mau berkritik ria. semoga bukan bentuk dari keluhan...

iya, tugas2 tu masih aja ada sampe sekarang. bikin transkrip berita radio, straight sama feature, bikin foto2 essay, ilustrasi, human interest, berita...
sampe sekarang kita uda ngerjain tugas sebanyak 12 kali, belum termasuk tugas hukuman, dan revisi yang gtw uda berapa banyak.

selama tugas2 itu dikasih dengan deadline yang rasional sebenernya han ga masalah, tapi kalo uda ganggu masa2 tenang mau UAS, apa jadinya coba?

diminta serius buat ikut OJ, tapi ga dikasih waktu yang serius. mana bisa kita serius kalo waktunya deket UAS? semua juga tau kalo UAS itu penting.

iya, harusnya itu jadi koreksi besar buat temen2 panitia,

then, jujur, han ngga ngerasain kekeluargaan yang katanya adalah tujuan utama dari OJ ini. yang ada malah han jadi ngerasa bete banget sama temen2 panitia. buat han cara kayak gini ga manjur.
feodal.
kuno.

ayolah, ga usah menonjolkan sisi2 senioritas.
entahlah, han bener2 egalither banget orangnya. ga suka banget sama hal2 kayak gini.

konsep OJ yang terngiang di benak han buat ke depan, han mau bikin hal2 yang lebih aplikatif. misalnya anak2 disuruh memahami sebuah buku, nah, nanti dibuat kelompok, terus adain lomba debat.

kalo cuma nulis2, bikin tulisan ini itu, analisis buku ini itu, rasanya bener2 ngawang banget.
kenapa ga mulai berpikir luas, bikin pelatihan selama beberapa hari, temuin anak2 dengan jurnalis2 senior..praktik langsung dengan bimbingan.

jurnalis itu menyenangkan! han percaya itu.
kenapa malah dibuat jadi serem dan mencekam gini si?

gemes han.

he2, maaf dong. anggep aja itu sebuah kritik pembangun yang bisa jadi pembelajaran besar buat temen2 panitia OJ berikutnya. amin.

yah, baiklah. masih tetep dengan dunia han yang merindukan keberangkatan ke tanah palestina. land of jihad.
wa amitna 'ala syhaadati fii sabiilik..
amin ya Allah.

Monday, 29 December 2008

1430 berdarah..

Capek juga rasanya kalo harus selalu ngutuk kebiadaban israel yang emang uda terkunci mata hatinya.biadab.kurang ajar.ga sopan.la'natulloh.
Hah,apa guna pake kata2 kasar kayak gini?ga memperbaiki keadaan.baiklah,anggaplah itu sebagai sebuah ekspresi jiwa dari orang yang terluka hatinya liat palestina.

Tanah harapan.bumi perjuangan.berjuta syahid dilahirkan.cucuran darah yang menyuburkan gelora juang.

Palestina.
Entah harus dengan apa membuktikan cinta lebih mendalam.yang ada justru malu yang berkepanjangan.uda pernah berbuat apa untuk saudara di sana?

Hah.kuliah aja seringkali banyak ngeluh.tugaslah,maleslah..

Saudara2 palestin tengah mengajarkan kita banyak hal,utamanya tentang arti perjuangan,ketabahan,kesabaran.
Semoga kita termasuk orang2 yang bisa memetik pelajaran tersebut.


Friday, 26 December 2008

Libur yang ga libur..

Libur emang jadi hal yang paling ditunggu2 setelah lama ngejalanin aktivitas rutinan yang hmm..aga ngebosenin.
Tapi apa jadinya kalo libur yang harusnya jadi sebuah rehat,e malah tetep dibumbui hal2 rutinitas hari2 biasa? Aga aneh rasanya.

Tapi tetep bersyukur ko.asik juga kalo dipikir2,jadi idupnya ga terlalu nganggur.

Yah,semangat oj dan uas buat semua!:)
Hehe.udah ah.cuma mau nyapa aja.kurang puas rasanya kalo browsing ga pake komputer.
yo,mari..

Sunday, 14 December 2008

shafayoghurt

ya.

judulnya shafa yoghurt, judul sekaligus tempat dimana han berada saat ini. 

sebuah kedai susu, yoghurt, dan penganan2 lain yang enak banget di lidah.

tempatnya sederhana, tapi bener2 mewakili keinginan sebagian besar mahasiswa untuk brwosing sambil ngemil2. asik.

han pernah wawancarain yang punya tempat ini buat tugas wawancara kemarenan. dan subhanallah, keren banget.

memulai untuk berwirausaha sejak dini! dan kita bisa ngerasain hasilnya kemudian hari. yes2.

han mau ah kayak gitu 

nyak2. han lagi menikmati pancake blueberry sekarang. enak2.

hehe. 

baiklah, senin  yang menyenangkan. akhirnya han bisa juga ngerasain gimana rasanya kalo gda dosen. hehe. hbis kayaknya  tiap hari kuliah mulu, dan dosen ada mulu, dan tugas ga pernah ketinggalan, dan...dan...

bukannya mau mengeluh, tapi pengen sehari aja di hari kuliah ternyata ga jadi kuliah. dan itu hari ini! yaya, hani seneng.

bisa rehat sejenak untuk mempersiapkan diri ujian tulis wawancara besok.

SEMANGAT!!

ng, gda yang penting.

masih berkutat dengan BPMU dan BKI. dan masih memikirkan amanah ke depan mu dimana.

yang jelas ga kan mau nerima tawaran kang gena yang seenaknya nawarin han jadi kaput bki. huaa, ga mau banget.

amanah ke depan, kalo bole milih, masi tetep pengen di siyasi. tapi kalo emang mau ditempatin di yang laen juga terserah aja..

sami'na wa atho'na, he2.

uda ah, lagi ga mood cerita.

cuma pengen browsing2 aja buat tugas..

doakan ya, han lagi flu ini..hiks

mari2. salam.

ps: lala uda nyampe indonesia! yayaya..

SIDANG TENGAH TAHUN

Start:     Dec 21, '08 08:00a
Location:     kemungkinan di SC Faperta lagi..
yak2, sidang lagi....
sidang kali ini untuk ngevaluasi kinerja BEMU beberapa bulan kebelakang.
hadir di sana temen2 BPMU, BPMF, UKM, juga temen2 BEMU.

han lagi berdoa supaya hendrik dan nining bisa dateng..
seenggaknya kalo han ga dateng ada mereka, hehe..

semangat presidium!!

festival film Indonesia


gtw namanya siapa. tapi dengan indikator dia diwawancara media, kemungkinan besar dia orang terkenal..hehe

acara ini diselenggarakan hari jum'at, 12 Desember 2008, di jalan Dipenogoro Bandung. Foto2 ini ada demi memenuhi tugas jurnalistik foto dengan tema orang terkenal..

tadinya mau ksih foto han aja. tapi...ah, bosen orang liat han terus dimana2. *hyaa ;D*

kalo katanya fajrin, dia gkan nglupain momen2 ini, karena kapan lagi bisa keluar malem, jalan2, makan2, dan ngeliatin orang2 terkenal lewat di depan mata...

Friday, 12 December 2008

festival film indonesia

 salam! ;D

wew. tebak! tadi malem han ada dimana?

yayaya, han ada di jalan dipenogoro, ngeliput festival film indonesia. ng, bukan ngeliput sebenernya, cuma getting foto buat tugas jurfo aja. tema inggu ini ;orang terkenal. dan benarlah kawan, di sana bertebaran sekali orang terkenal..!

han jadi ngerasa ketemu habitat hidup han aslinya! [baca:terkenal] bwehehe ;D

ng, mungkin cerita2 ini bakal kontroversi di kalangan  kawan2, berhubung han akhwat, dan han keluar malem tanpa mahram untuk  dateng ke acara begituan. tapi how? siapa mahram yang saat itu bisa nemenin han? gda.

yang penting han uda bilang sama ma2. walo awalnya beliau khawatir banget pas tau han cuma sama temen2 se jurnal han yang kesemuanya adalah perempuan, tanpa pendampingan dari kawan yang laki2.

ng, tak apalah ma..anakmu dan kawan2nya ini emang selembut wanita, tapi setangguh pria! wew. hehe. becanda2 lewat sms, han bilang ma2..

' harus cepetan dinikahin ma kalo kerjaan han banyak yang kayak gini  ;D '

di seberang sana mungkin ma2 cuma senyum2 aja. katanya  [mungkin] :

'ah, baru 18 taun aja kamu han! mandi aja masih jarang2!' hehe

tapi ngga ko , mama gkan mungkin bilang gitu. she always appreciate me in the way i am

balik lagi ke bahasan awal. han berangat dari jatinangor jam setengah 6, setelah sebelumnya izin dari forum rutinan penambah iman. ya, han bonceng wiwin yang numpang ikut, mau nginep di bandung. dirun bonceng fajrin [temen kosan han] yang pengen ikutan liat artis2 *bwahahaha*, sama teh feny yang ga bonceng siapa2.

nyampe sana kita aga bingung, pasalnya    sekeliling panggung itu digerbang ketat. mati aja, mau dapet foto artis gimana kalo gini adanya? padahal pas kita dateng, gita gutawa lagi cek son. ngiler pengen moto. bukan, bukan gara2 nge pens, tapi lebih karena biar tugas han cepet kelar...

trus, akhirnya kita muter2..eh, dapet celah menuju ke dalam kompleks gedung sate...enn well!

kita berhasil masuk! yes2.

di sana banyak pisan artis. hihih. parahnya han selalu ga ngeh kalo mereka itu artis. untunglah fajrin tau banyak, mana yang artis, mana yang bukan.

pertama, han ketemu sama keluarga gibran. siapa ya namanya? lupa. hehe.trus ada lola amaria apa?katanya terkenal, cuma han gtw, serius ;D

lalu2, ada gubernur dateng dengan protokolernya yang panjang..kalo yang ini han tau..

'woww..ust heryawan! mo poto doong!' tapi ga dapet angel yang bagus. fuuh.

then, ada menteri!! jero wacik. [bener g nulisnya?]

lagi2 han ga sadar kalo dia orang penting. sampe sadar kalo mobilnya ber plat RI berapaaaa gitu. hehe.

trus, ada ricky harun, ada aming [ga dapet fotonya], ada bajaj yang berpose khusus buat han [makasiiii], ada ozy saputra, ada smile afi, ada bu ida, ada bu  hebring, ada him damsyik, raam punjabi, ada yang jadi faried di kiamat sudah dekat, ada dada rosada, ada dede yusuf, dan artis2 lain yang ga han tau..

ada satu surprise berharga dari semua itu!

DEDI MIZWAR!! wew

mantep. han bisa ketemu langsung sama dia, senengnyaa..

penasaran sama foto2nya? insya Allah lain kali han upload ya..

untuk sementara mau berbagi cerita aja. eia, trus masa kan setelah semua undangan ninggalin gedung sate untuk naik ke atas panggung, han beserta rombongan dengan pedenya masuk ke dalem, dan ikut makan2 makanan yang disediain di sana. kocak.

tapi emang dibolehin si, asal kita berani aja.

wwwaaaa///asiknya jadi jurnalis itu! iya, ayo bersemangat lagi!

Thursday, 11 December 2008

..yang

Yang tak miliki ujung adalah nestapa yang berpucuk bahagia

Diawali dengan tangis, diakhiri tawa. Indah.

Yang tak miliki senang adalah yang selalu menganggap tiada kesenangan

Selalu merana dalam detik-detik dinamika hidupnya

Yang tak miliki tulang adalah mendiang

Habis ditanam, jauh jasad dari ruh. Pergi entah kan kemana.

Yang tak miliki rasa juang adalah dia, yang memilih berhenti

Menaruh nafsu pada cawan manis di atas lembutnya lambai nikmat dunia

Yang tak miliki pedih adalah aku. Mencoba tahu apa arti merindu

Dan terus bahagia dalam kecamuk rindu, hingga kebal pedih

Yang tak miliki hati adalah engkau, 

Yang pergi menjauh saat dekat lebih nikmat..

'kangen temen2'

This entry was posted in

pelangi tak berhujan

Aku ingin ada pelangi

Tanpa harus ada hujan yang mendahului

Aku ingin ada hujan

Tanpa harus ada awan kelam yang menyelimuti

Aku ingin ada terang

Tanpa harus ada gelap yang menghantui

Aku ingin ada nyaman

Tanpa harus ada derita yang membayangi

Aku ingin ada datang

Tanpa harus melepas harap agar pergi

Aku ingin aku tahu bahwa apa yang aku mau

Tak selamanya apa yang Dia kehendaki

Aku ingin aku tahu bahwa apa yang kuanggap baik

Tak selamanya apa yang menurutNya yang terbaik

Aku ingin aku tahu bahwa apa yang harus kulakukan adalah

Melakukan segala kemauan yang dimintaNya, dan

Bukan lantas terlena dengan kemauan sendiri seraya hiraukan seru Ilahi

10nov08

'guide me, Allah..'



This entry was posted in

Sunday, 7 December 2008

gadis bimbang

ini cerita tentang seorang gadis yang sedang bimbang. dia memandang sekali lagi ke depan, ah, buram. tak terlihat, hanya bayang2 misteri yang enggan disingkap.

sekali lagi dia  mengucek lembut matanya, mencoba menangkap makna apa yang bisa dia peroleh dengan gerak langkahnya yang baru...baru setapak.

makna dari sebuah penantian? entahlah. seperti seorang gadis lain yang menanti senja yang memang selalu indah. tak peduli butuh berapa lama waktu, ia akan menunggu senja. atau sosok lain yang menanti purnama, yang tak kalah indah tentunya. meski harus menghabiskan berlama waktu, tetap saja bahagia itu ada ketika bertemu yang dinanti.

si gadis  tersenyum. dia tak menanti untuk sebuah kekosongan. dia menanti sebuah harapan, harapan Tuhan.

ya, dia tak henti berucap, mendeklarasikan dirinya sebagai penanti cinta Tuhan..

tapi, ah, apakah Tuhan pun membuat manusia menanti?

atau mungkin, sebenarnya tak pernah ada penantian, yang ada adalah jeda pembelajaran. dari tangga satu, menuju tangga dua, tiga, empat, dan seterusnya..

lagi2 si gadis tersenyum.

banyak hal yang memenuhi isi kepalanya. bukan, isi didalamnya bukanlah kisah pilu tentang penantian, isi dalam kepalanya adalah sebait cerita tentang..

keikhlasan.

"apa yang terbaik menurutnya, belum tentu terbaik menurutNya.."

Saturday, 6 December 2008

bila terlanjur melangkah

bagaimana bila terlanjur melangkah? sedangkan mungkin kita tak pernah tahu akan seperti apa tujuan itu? entah sedang melangkah menuju kebahagiaan, atau mungkin kesengsaraan?

bagaimana bila terlanjur melangkah? sedangkan berhenti dan kembali bukanlah hal yang salah?

bagaimana bila terlanjur melangkah?

apakah harus tetap melangkah? sedangkan melangkah dalam lingkar ruang tunggu bukanlah hal yang membahagiakan.

apakah harus tetap melangkah?

ingin sebenarnya melangkah, dengan langkah-langkah baik yang tiada jeda tunggu antaranya.

bila terlanjur melangkah, maka jangan tunggu waktu untuk kembali melangkah.

bismillah..

Saturday, 29 November 2008

sidang istimewa part 2

iya2. masih dengan hani di sini, bersama yani dan riska dalam ketidak jelasan yang menyangat. haduh2.

waktu sudah menunjukkan pukul 3.29 pm. han uda males banget. he2, sejujurnya emang gitu.

bentrok sana sini, loby sana sini, debat sana sini, seru sih...dinamis sih..

cuman kalo kelamaan kan jadi bete juga.

iya ga riska? hahah.

si riska lagi keasikan makan. tampangnya laper..

fufu. yani uda tergolek lemah di atas meja. yani....semoga yani masih hidup.

okeh, di meja notulensi ada teh neta. hai teh! semangat ya!!

lalu ada vifah, yang lagi pergi sana sini, haduh...vifah...selalu aja...*apa si? selalu apa han*

nda ngerti han.

weiks. hani kangen mama. mamaaaaaaa....

mamaaaaaa han rindu!

mama lagi di rumah sakit, lagi sakit. hani belum ketemu mama lagi.

sakit apaa?

hah, riska yani banyak tanya. mama sakit hati, he2.

ga ding, mama itu sakit infeksi. tapi gtw infeksi apa, gitu kata dokternya.

aneh, dokternya gtw. hi2.

beklah...ayolah segera berakhir sidang ini..

eh, masa2, tadi kan pas lagi jalan sidang ada anak2 bem pada dateng. huuuuuu..

*eh, ga boleh gitu deng!*

trus kan, ada temen2 dari stei bogor juga..

wihiiii...jadi rame kan sidang istimewa ini..lebih rame lagi kalo pulangnya cepet. hiks2.

oia, kemarin hani ikut kemah lhoooo! seru2. belajar bela diri. bekal menghadapai kekejaman yani saat lagi rapat.

hihi, yani difitnah terus. rasakanlah fitnahku yani! 

udah ah. capek han. bentar lagi pending istirahat habis.

han mau sidang lagi, hueeeeeee...

tapi tak apa! demi kebaikan unpad..

betul3x!

uda beneran. dadah...

hari bersejarah kema unpad

Alhamdulillah..

seneng banget, bisa meghadirkan 3/4 dari peserta penuh majelis tetap kongres..

hal itu berarti bahwa, KITA JADI SIDANG ISTIMEWA!!!

Wah, tak pernah-pernah menyangka akan seperti ini. Subhanallah..

Segenap manusia di bpmu bersyukur, temen2 bpmf juga mungkin bersyukur, ukm pun tak ketinggalan..

ayo2, waktu ishoma uda selesai. mari kita ngamandemen AD/ART!!!

hehe. semangat semua..

Sunday, 23 November 2008

sidang istimewa!!

Start:     Nov 30, '08 09:00a
Location:     sc faperta
sidang istimewa kawan2!!!
mantap e. jadi gini, pas sidang tengah tahun kemaren. ada beberapa hal krusial menyangkut AD ART yang butuh perubahan. nah, makanya...makanya...butuh sidang istimewa buat ngamandemen semua itu.

wew.
ga kebayang kek apa serunya! hehe.

tapi hendrik, presidium satu yang suka bikin han naik darah itu, [he2, maap drik], katanya ga bisa dateng.

TUH KAN, GIMANA HANI GA NAEK DARAH?????
huh.
gtw kek apa jadinya.

apakah han yang harus mimpin sidang istimewa?
wallahualam.
tunggu aja tanggal maennya.

pilihan

ada sebuah pertanyaan unik dari temen han, katanya:

'han, gimana caranya kita tau betul kalo sebuah pilihan itu emang yang terbaik buat kita?'

ditanya gitu hani aga bingung.

malah tanya balik han, 

'eh, iya juga ya. gimana dong?'

hehe. ga solutif.

tapi ga papa, han jadi mikir lagi kan sekarang..mencoba mencari tau apa jawabannya. karena han sendiri lagi butuh jawaban atas pertanyaan itu.

ada yang tau?

Friday, 21 November 2008

citizen journalism

Ada orang yang mengatakan bahwa setiap kita sebenarnya adalah seorang jurnalis bagi diri kita sendiri. Sadar ataupun tidak, hidup kita memang penuh dengan pencarian tentang sesuatu dan refleksi diri atas hal tersebut. Meskipun memang kadar di setiap orangnya akan berbeda-beda. Beberapa orang mungkin hanya menyukai proses mencari sesuatu dan menjadikannya sebagai pengetahuan bagi dirinya pribadi. Namun, ada juga beberapa orang yang setelah proses pencarian itu lalu memuat hasil refleksinya di situs pribadi, atau bahkan memublikasikannya di media massa.

                Sahat Sahala Tua Saragih mengatakan dalam artikelnya, “Wawancara  Dalam Konteks Jurnalisme”, bahwa pada dasarnya manusia memiliki naluri untuk tahu dan untuk diberi tahu. Hal inilah yang menjadi sebuah alasan kuat yang dapat menjelaskan pendapat bahwa setiap kita adalah jurnalis. Dalam perkembangannya, fenomena ini kemudian disebut orang sebagai citizen journalism.

                Pada dasarnya, citizen journalism tetap melibatkan kegiatan seperti mengumpulkan, mengolah, dan menyebarluarskan berita. Namun, bila biasanya yang melakukan hal tersebut adalah wartawan, maka dalam istilah citizen journalism subjeknya adalah publik secara luas dan terbuka.

                Ada beberapa konsep yang menyangkut citizen journalism yaitu, public journalism, advocacy, journalism, participatory journalism, participatory media, open source reporting, distributed journalism, citizens media, advocacy journalism, grassroot journalism, hingga we-media.

Definisi citizen journalism

Tak sedikit orang yang tertarik dengan bahasan tentang citizen journalism. Ketertarikan-ketertarikan itu memacu mereka untuk membuatkan definisi khusus bagi citizen journalism.

                Wikipedia, dalam situsnya menjelaskan bahwa citizen journalism adalah kegiatan warga dalam memainkan peranan aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis dan penyebaran berita dan informasi.

                Bentuk spesifik dari citizen journalism adalah citizen media dengan content  yang berasal dari publik. Banyak istilah lain yang juga merupakan bentukan yang memiliki makna yang sama dengan citizen journalism. Di wilayah Indonesia sendiri, istilah yang ada adalah jurnalisme partisipatoris atau jurnalisme warga.

Citizen journalism sendiri memiliki media dengan beberapa kategori. Dalam hal ini, J.D. Lasica berpendapat dalam Online Journalism Review (2003) mengategorikannya ke dalam lima tipe:

1. Situs penyiaran radio

2. Partisipasi audiens

3. Situs web

4. Situs media kolaboratif

5. Bentuk lain dari media ‘tipis’

6. Situs berita partisipatoris murni

Sejarah citizen journalism

Kehadiran media internet di akhir tahun 1989 diduga adalah sebuah pemacu kuat terjadinya citizen journalism.Internet, dengan kecanggihan yang dimilikinya menawarkan kesempatan yang luas bagi publik untuk dapat menumpahkan ide dan gagasan mereka di situs-situs pribadi yang gratis dan simple yang lebih akrab disebut sebagai blog.

                Fenomena berjamurnya blog ini mungkin adalah sebuah bentuk eksistensi diri di dunia, maya bagi seseorang. Namun, lebih dari itu, bila kita lihat dari aspek lain, keberadaan blog ini memacu dunia tulis menulis di kalangan publik.

                Informasi yang dulu hanya bisa dinikmati dari berbagai media massa melalui goresan tangan seorang wartawan, kini bisa dinikmati di berbagai tempat dengan berbagai tangan selain tangan wartawan.

                Sebenarnya citizen journalism tidak hanya terpatok pada satu media saja, seperti internet. Akan tetapi, mencakup semua jenis media. Hanya saja, memang media internet memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki media lain. Selain karena aksesnya yang lebih murah dan cepat, media internet pun menawarkan sebuah fasilitas berdialog langsung dengan audiens yang menjadi pembaca atau penikmatnya.

                Dalam salah satu situs di internet, ada yang berpendapat bahwa kehadiran citizen journalism salah satunya dipicu oleh sebuah peristiwa yang terjadi di Amerika Serikat, tepatnya tahun 2004. Saat itu dilaksanakan pemilihan presiden Amerika. Bush dari partai Republik dan Kerry dari partai democrat yang bersaing ketat memperebutkan kursi kepresidenan.

                Dikatakan dalam situs tersebut bahwa masyarakat AS saat itu merasa jenuh dengan pemberitaan-pemberitaan yang ada di media. Pada akhirnya, mereka melampiaskan seluruh pendapat dan perasaannya ke dalam wadah weblog di mana semua yang mereka fikirkan dan mereka rasakan bisa dipublikasikan dan dibagikan dengan yang lainnya.

Perkembangan citizen journalism

Dapat dipastikan bahwa citizen journalism hadir dari sebuah perkembangan teknologi yang cepat yang dipelopori oleh kehadiran internet di akhir tahun 1990-an. Oleh karena citizen journalism hadir dari sebuah perkembangan teknologi, maka perkembangannya pun tak pernah terlepas dari perkembangan teknologi.

                Hubungan yang terjadi berbentuk linear, semakin tinggi perkembangan teknologi, semakin marak dan mendunia pula fenomena citizen journalism. Kita bisa melihat hal ini dengan studi realita yang ada.

                Dahulu mungkin ingin membuat berita yang dibaca banyak orang itu susah. Ada beberapa cara sebenarnya, diantaranya dengan menyebarkan leaflet-leaflet gelap yang kemudian akan dibaca masyarakat secara luas. Ini adalah bentuk dari citizen journalism. Dalam konteks yang lebih berkembang lagi, kesemua perkembangan itu tidak lepas dari hal yang bernama ‘internet’.

                Begitu erat kaitan antara internet dengan citizen journalism. Tidak ada alasan lain yang bisa disampaikan kecuali memang dalam  internet itu ada sebuah keunikan berbeda.Selain karena hingga saat ini internet diakui sebagai sebuah media tercanggih yang memungkinkan orang untuk mengetahui banyak hal dengan hanya mengetikkan alamat situs saja.

                Apalagi dewasa ini kebebasan berpendapat adalah sebuah hal yang sangat dijaga keberlangsungannya. Orang-orang semakin asik dengan kesenangannya mengomentari hal-hal terkecil yang bahkan mungkin kurang penting. Segala hal yang ada, baik itu tentang dirinya atau tentang lingkungan terdekatnya akan diungkapkan dalam sebuah tulisan. Fenomena ini adalah bentuk implikasi nyata dari berbagai kemudahan fasilitas teknologi yang disediakan.

                Tak perlu kirim artikel lewat pos lagi ketika ingin artikel tersebut dibaca orang banyak di sebuah media massa cetak, misalnya. Saat ini yang cukup dilakukan adalah menulis dengan baik dan mengelola sebuah weblog dengan cermat.

                Perkembangan citizen journalism di Indonesia bisa dikatakan belum begitu lama dan mengakar. Fenomena yang mengawali mungkin adalah situs detik.com, yang menampilkan berita-berita segar dan tidak terkungkung. Akan tetapi situs ini dibuat oleh insitusi untuk banyak orang. Berbeda dengan blog, majalah memiliki keterbatasan usia yang menjadi indikator bahwa tugas ini adalah sebuah bentuk dari wartawan dalam arti yang sempit.

                 WW memberikan analisanya bahwa blog ini akan booming dan meluas. Perpaduan antara fun dan hobby menjadikan blog semakin populer, selain itu di sini setiap orang bisa berpartisipasi di dalamnya. Contoh-contoh web 2.0 lain adalah seperti Friendster, Flickr, dimana lewat hal-hal itu kita bisa membangun jaringan social juga. 

                Hanya sedikit saja mungkin hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan citizen journalism secara keseluruhan. Satu hal yang perlu disadari adalah bahwa perkembangan citizen journalism ini tak lepas dari perbincangan masalah perkembangan media internet.

Kelemahan citizen journalism

Suatu fenomena memang tak terlepas dengan implikasi-implikasi yang mengikutinya. Diantara beragam implikasi yang mungkin terjadi, salah satunya tentu adalah implikasi negative yang berujung pada sebuah kategori akhir bahwa hal tersebut adalah kelemahan dari suatu hal yang kita teliti.

                Citizen journalism. Menceritakan sebuah kisah tentang kebebasan berpendapat yang kemudian dalam pelaksanaannya cukup membuat insan pers ‘aga’ khawatir. Bagaimana tidak, hal tersebut bisa dikatakan adalah sebuah ladang yang tadinya ekslusif bagi para wartawan, sekarang bisa dimasuki oleh siapapun juga.

                Dalam sebuah situs dikatakan, hal ini bisa jadi adalah sebuah ancaman tentang terbentuknya kekuatan baru di samping kekuatan pers yang legal di mata pemerintah. Ancaman ataupun tidak sebenarnya hal tersebut tergantung dari bagaimana cara kita menyikapinya.

                Suatu fenomena akan menjadi suatu masalah bila kita melihatnya dari sudut pandang negatifnya, tapi bisa saja berubah menjadi suatu hal yang baik bila kita memang bisa mencari nilai-nilai baik dari fenomena itu. Meskipun terkadang pencapaian kea rah itu memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

                Berbicara tentang kelemahan dari citizen journalism, yang saya pikirkan saat ini adalah adanya kebebasan berpendapat yang cenderung tidak bertanggung jawab.

                Menurut saya pernyataan di atas adalah sebuah kelemahan besar dari fenomena citizen journalism. Seorang jurnalis yang professional dan memang bernaung dalam sebuah lembaga yang legal di mata pemerintah dan publik, akan lebih bertanggung jawab dalam hal penyampaian pesan yang ia terima untuk di transfer ke khalayak ramai/

                Berbeda mungkin dengan kebanyakan dari citizen journalism yang hanya mementingkan keperluan pribadinya saja, tanpa memikirkan lebih lanjut tentang dampak dari berita yang ia siarkan, atau bahkan tanggung jawab apa yang dia emban setelah menuliskan berita itu.

                Contoh konkret dari hal ini misalnya. Seseorang menaruh tulisan provokatif tanpa klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak-pihak yang bersangkutan sehingga membuat adanya ketidakstabilan kondisi yang terjadi.

                Seorang wartawan, pada umumnya akan lebih memerhatikan masalah tersebut. Meski wartawan pun bisa memprovokasi, tetapi dia tetap memprovokasi secara bertanggung jawab karena dia berada dalam sebuah tatanan hukum yang tak bisa lepas mengikat.

                Dengan adanya kebebasan yang kadang kebablasan ini juga, akhirnya banyak tindakan-tindakan criminal yang terjadi. Semakin bebas mengelurakan pendapat, semakin banyak pula kesempatan untuk terjadinya jurang-jurang yang mendalam antara pihak satu dengan pihak yang lainnya.

Kelebihan citizen journalism

Dibandingkan dengan implikasi-implikasi negatif yang ada, saya dapat mengakui bahwa pada hakikatnya fenomena citizen journalism ini cukup banyak juga manfaatnya. Beberapa dampak baik dari citizen journalism sudah saya singgung di atas tulisan ini. Namun, untuk lebih jelasnya lagi, akan saya hadirkan kembali di sini.

                Citizen journalism memacu orang untuk dapat berkarya lebih giat lagi dalam hal tulis menulis. Semakin banyak penulis-penulis muda yang terlahir dengan bantuan fenomena citizen journalism.

                Saya merupakan salah satu penggemar blog. Sebagai seorang penggemar, saya merasakan betul dampak kegemaran saya mengelola blog dengan penempatan minat saya dalam wadah yang sesuai.

                Sebagai penyuka baca dan tulis, bagi saya keadaan citizen journalism sangat membantu pembelajaran yang ada. Meskipun pada akhirnya bidang yang saya tekuni di kampus, jurnalistik, ‘direbut’ lahannya oleh publik, tetapi saya percaya bahwasanya kehadiran citizen journalism ini sangat bermanfaat bagi sebuah dinamisasi perkembangan yang dialami oleh insan pers selama ini.

                Selain itu, sebenarnya ketika seseorang menyukai aktivitas tulis menulis, maka ia akan terbiasa dengan sebuah sistematika yang ada dalam kaidah tulis menulis. Artinya apa, dengan adanya citizen journalism, sadar ataupun tidak sebenarnya masyarakat kita sedang belajar bagaimana mengorganisasikan pesan sehingga ia menjadi pesan yang enak dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.

                Keberadaan citizen journalism juga sudah barang tentu meningkatkan wawasan masyarakat luas tentang perkembangan isu yang terjadi di dunia. Uniknya lagi, masyarakat sebagai subjek dan objek dari citizen journalism ini akan lebih kritis dalam menghadapi persoalan.

                Satu hal yang terakhir yang diajrkan dari citizen journalism adalah ia mengajari kita arti sebuah perbedaan. Selalu ada perbedaan pendapat, sikap, perilaku. Semua hal itu adalah hal yang wajar, tergantung dari bagaimana masyarakat yang bersangkutan menghadapi perbedaan tersebut.

 

 

 

Sumber :

Daisyawondatu.wordpress.com

En.wikipedia.org

Jurnalistikuinsgd.wordpress.com

Melekmedia.files.wordpress.com

Monday, 17 November 2008

kebenaran pesan albanna

keren banget ga si judulnya?

kek orang2 militan, padahal isinya cuma cuap2 ga jelas. he2.

okeh.lama ga nge net. jadi bingung harus nge post apa...

ga mungkin kan han post-in tugas han yang segambreng2 itu?

wawancara sana sini..

nganalisis buku itu ini..

bikin makalah ini itu..

hehe, begitulah rutinitas han akhir2 ini. boro2 mo nge net, napas aja susah. hahah.

berlebihan.

tapi emang bener, banyak banget rutinitas yang ilang semenjak han makin menyibukkan diri dengan amanah2 yang ada.

kadang amanah itu terbengkalai untuk beberapa waktu, dan ga enak rasanya.

kadang juga han sendiri yang terbengkalai, ga cukup mental buat nanggung semua amanah.

han baru bener2 merasakan apa katanya al banna, bahwa amanah yang ada lebih banyak dari waktu yang tersedia. BETUL banget! han mulai merasakannya..

kadang bener2 pengen nambah waktu sehari itu jadi 25 jam. se jam nya buat han sama diri han sendiri. huaaa...hani kangen nulis2, bikin artikel, bikin puisi..

bukannya ga sempet, tapi keadaan kayaknya ga mendukung han untuk tetep produktif berkesinambungan.

ng, masih menyesuaikan diri han, belom terbiasa sepadet ini agendanya.

 

okeh2, banyak betul sebenernya yang pengen han ungkapin. tapi han mesti masuk kelas wawancara dulu. uda dua kali han absen berturut2. jadi minggu ini han harus masuk kelas, supaya ga diusir saat mau uas.

hoy, kelas nya pak sahala! ayo semangat!!

lain waktu insya Allah disambung ya..

Tuesday, 4 November 2008

minoritas yang unik

salam

hehe, habis kuliah jurfo tadi. diajarin tentang cara buat teks foto dan caption yang baik. hehe, fotografi tu seru ya! jadi inget tadi malem, saat bapak mano yang ngga lain adalah pemilik cristi foto, ngajarin han sama dirun jam 8 malem motret2 di atas jembatan penyebrangan ipdn.

diingetin lagi tentang teori2 fotografi yang menurut han emang aga rumit, ga seasik saat motretnya. hehe.

hani suka orang kek bapak mano, terbuka banget, dan ngga pelit sama ilmu yang dia punya. sampe dia bicara gini ke han..

bpk mano : han, kalo hani sama temen2 hani ada tugas tentang fotografi, nanti kita bikin konsep fotonya bareng2, getting bareng, bapak seneng bisa ngajarin orang. asal orang itu emang serius pengen belajar..

Wih, mantep betul kan?! fotografer itu pekerjaan yang membahagiakan..

tentang judul yang ada, jadi kepikiran aja saat tadi habis makan siang sama iken sama dika. sambil makan semuanya cerita2 tentang orang2 unik yang pernah ditemuin. lucu2 loh. han sampe geleng2 kepala. ada ya ternyata orang kek mereka?

ada orang dengan panca indera yang ketuker2..

ada orang dengan kemampuan khusus yang belom bisa dijabarkan secara ilmiah..

orang2 dengan kebiasaan makan yang aneh..[kek dika, ha2]

dan deretan orang2 unik lainnya yang bikin kita terheran-heran..ckck.

 

jadi kepikiran, kenapa Allah lebih memilih menciptakan han sebagai orang yang memiliki kemampuan normal. ng, mungkin Allah pengen han mencari keunikan han dengan kenormalan han!

iya, han tau itu. Dengan kemampuan yang setaraf sama orang2 kebanyakan, Allah pengen han berbuat suatu hal yang luar biasa! yang bikin han jadi minoritas yang unik..

yepyep.

Allah Maha Dahsyat emang! jadi terinspirasi han.

FIGHT!!!

[sekilas info---kabar baik hari ini : hani mandi pagi! yes2.]

hehe. han mau berjuang untuk hidup yang lebih baik, yak! untuk waktu yang lebih bermanfaat.

satu hal yang selalu han inget, hani bukanlah milik hani pribadi. hani adalah aset ummat.

han wakafkan diri han, harta han, waktu han, dan jiwa han untuk sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

dan selalu, gda keluhan atas sesuatu yang telah kita pilih.

bersyukur sama pilihan yang ada, dan berbuat yang terbaik sesuai komitmen yang telah diproklamirkan.

semangat!!

Monday, 3 November 2008

kusapa kalian dengan doa

kusapa kalian dengan doa
kusentuh kalian dengan cita

dengan tangis yang merambah
dengan rindu yang menggebu

kurangkul kalian, kemarilah.

fuh. kangen banyak orang. bahkan han kangen diri han sendiri. loh? who am i? lagi2.
hani lagi mencoba menyesuaikan diri dengan kehidupan baru han yang merenggut banyak hal-hal yang biasanya han rangkul.

iya. hani kangen semua hal itu.

belakangan lagi ngerasa melankolis abis. tapi cuma saat2 sendiri aja. pas bareng2 hilanglah rasa melankolis han.

ada apa dengan kesendirian hingga ia berbuah hal2 yang kurang menyenangkan?

ga, han suka kesendirian, dalam beberapa kondisi tertentu.

mau cerita, tapi entah harus mulai darimana. sangat banyak.
mulai dari pengalaman buruk saat bki eksplorer, sampe hari ini ga boleh masuk kelas wawancara dan revisi tugas pula.

keteteran mulu belakangan. ga mandi saat mo kuliah jadi bukan hal yang malu2in. semua menjadi serba biasa di jurnal. begadang nyaris tiap malem.

ah, tapi ini pilihan han. harus bersyukur..

huh. semangat!

[kangen keluarga, tiba2..]


beklah kawan2!
suatu saat nanti mungkin han bakal cerita semua yang belom sempet han ceritain disini! han mau cerita tentang pengalaman han kejebak di tengah hutan jam 9 malem dan hujan pula. han mau cerita tentang pengalaman han saat belakangan jadi aga sering pergi kuliah tanpa mandi pagi, han mau cerita tentang perjalanan han berdiskusi sama pembesar2 bem yang bikin 'ngenes' seketika, han mau cerita tentang sharing han sama temen2 presidium mtk yang bikin han kesel sampe mencak2 walo akhirnya ber-ending bahagia..

han juga pengen cerita tentang hal2 indah yang selalu bikin han bertahan dalam lemah.

iyo, beklah. moga masih ada kesempatan untuk bertemu.
han ada kumpul mtk bareng tim ad hoc dulu.
semangat!

Tuesday, 28 October 2008

bki eksplorer!

Start:     Nov 1, '08 12:00a
End:     Nov 2, '08
Location:     cibingbin, sumedang..[jadi inget most adventure..]
prokernya kaderisasi BKI ni! ayo2...semua..ikut bki eksplorer. bayarnya 25 ribu aja ko! pengalamannya isnya Allah gkan terlupakan! *saking buruknya kah?* hehe.

pokonya rugi kalo ga dateng!

akhirnya datang juga

wuaaaahh...

akhirnya hani dateng lagi..setelah lama menghilang dari peradaban multiply!!

iyak2, ada apaan aja selama han pergi! wuiih, banyak hal seru menyeru!! cerita yoook!!

okeh2. kabar hani baik, alhamdulillah sehat banget! ;D

gda cerita tentang rhinitis, gda cerita tentang lambung ga beres...hani sehat temen2!! sehat!! sehat!! sehat!! sehat!! *keknya mulai ga sehat kejiwaannya*

hari2 han bener2 makin berhikmah. Allah sayang hani dan hani ngerasa betul disayang Allah! ng, pede dikit boleh dong!

Ah, Allah emang Maha Baik. Allah selalu kasih han pelajaran untuk jadi orang yang kuat!

iya!!!!

makin ceria aja hidup ini. huaa, hani suka ujan, hani suka tidur, hani suka semua, hani bersyukur..[ga jelas]

ng, kemarin tanggal 24-26 hani jalan2. wisata ruhani, jasadiy, dan fikri. WIH!!! hani suka masa2 itu..walo sebenernya masa2 itu hani ditindas banyak orang

hani uda bikin tulisan tentang perjalanan han. tapi hawa2 nya cuma bisa dinikmati kalangan terbatas aja, yah...karena hal itu sangat berharga buat han, makanya ga semua bisa baca. hehe. ngeles. padahal si emang ga mau nge post aja..

habis itu, hari senin nya han bolos kuliah ;D

jadi tuh gini, mata kuliah pertama kan komunikasi organisasi. dosennya itu baik banget, tapi...butuh perjuangan keras untuk dengerin beliau bicara karena....karena ritme bicara beliau emang agak datar. akhirnya nimbulin rasa ngantuk yang menyangat.

huh. itulah susahnya dengerin. tapi justru itu letak perjuangannya.

iy, jadi hani ga ikut kuliah komor karena lagi capeeeeeek banget. remuk semua badan han.

habis itu mata kuliah kedua kan reka bentuk media tuh. han uda berpikir untuk masuk kuliah. baru aja nyiapin diri untuk mandi, ternyata...

fuh, hani belom ngerjain tugasnya. baru inget banget.

tugasnya nge lay-out gitu. kan ga mungkin juga kalo dadakan bikin. lagian corel han lagi bermasalah. huh. mungkin ini jalan Allah buat orang2 yang lagi pengen bolos..

terima kasih Allah uda kasih han jalan yang indah..*loh2*

hehe, intiny han mutusin untuk ngelanjutin istirahat seraya berniat ngerjain tugas wawancara yang SEABREG dari masa ke masa.

fuh, selama seharian han cuma bisa ngerjain EMPAT bab aja dari DUA PULUH bab yang harus han bahas. hah? besok dikumpulin jam 8. gimana ngga serem?

untungnya sore itu han ada agenda ruhani dulu. seneng, ketemu temen2 dan sang guru yang bersahaja...

malemnya..malemnya han bertekad buat nyelsein semua tugas han..tapi...baru jam 12 malem han uda tepar! dan itu baru 10 bab yang han bahas. haduh. menyetress han.

alhamdulillah lagi, Allah bangunin han sekitar jam 1/2 3. akhirnya berjuang keras buat ngerjain tugas. padahal han belom baca bukunya sama sekali. huaaa, hani sebenernya capek dengan kehidupan yang ga termenej kek gitu..

tapi ko han belom berubah juga..?! ayok bantu han!

singkat cerita, han dateng kelas wawancara dengan sangat tergopoh2. mau tau alesannya?

GARA2 DIRUN!!! dia kelamaan nyari kunci kamarnya yang ilang! padahal 15 menit lagi kelas masuk...mana kita belum nge print lagi. iiih, dirun. selalu aja. untung han lagi ga punya duit. jadi semua pembiayaan han di bawah duitnya dia. kalo ga lagi dibiayai, keknya han tinggal aja tu orang..

 

fuh, untung pa sahala masih bolehin kita masuk kelas.

singkatnya lagi, wawancara beres dengan kondisi yang menyenangkan kek biasa..

then...komunikasi politik. glek.

hani suka politik, tapi hani ga suka dosennya! apalagi ternyata dosen yang dateng itu ibu2 yang tempo hari han ceritain.

matilah. han uda ga konsen. samping han dirun, dia mule ketar-ketir. bener aja.semua anak2 uda pasrah.

bener ternyata, dirun menjadi2 saat kuliah..

kan ditanyain gini..

dosen : aparatur negara terdiri dari bla bla bla bla, nah, salah satunya adalah kepolisisan...

ada yang tau setelah kepolisian ada apa lagi?

dirun : hansip ya han?!

 

heh?? gubrak. dirun dodol ah.

 

trus, ksana2nya juga makin aneh. ah, kompol yang aneh..

selse kompol han shalat, habis itu ke perpus, pengen blogging ceritanya. tapi mp nya lagi error. ga suka. akhirnya han pengen pulang aja..

iya, pulang ke kosan dengan keadaan belom getting foto buat jurnalistik foto besok. ah, akut.

begitu pulang han langsung tidur. sampe akhirnya orang itu dateng...

"haniiii...anterin rin ke cileunyi dong!! mau pulang ni..!"

huaah, han marah2 tuh dibangunin tidurnya. biasa, teh tyarin manja.

kenapa ga naek angkot aja si? hih.

tapi setelah dipikir2, beklah..aku akan temani, sekalian getting.

benarlah, han nganterin dia, habis itu getting..trus pulang ke ave lagi dengan keadaan basah kuyup. kehujanan.

saat itu han punya agenda untuk ketemuan ama beberapa orang. ternyata mreka uda dateng. ngobrollah kita.

huaaaa, setelah selese ngobrol han baru sadar kalo han masih punya BANYAK amanah yang belom terselesaikan.

ayo2 han!! kerjain!! ih, amanah begitu gde..sanggupkah?

hmf. gitulah. malemnya han tidur dengan nyaman setelah nyetak foto buat jurfo hari ini.

 

then, hari ini!! mata kuliah pertama bajuri..[bahasa jurnalistik]

han baru ngerjain tugasnya tadi shubuh. banyak juga ternyata, 6 halaman. huah, untunglah selesai dengan sukses. dijadiin contoh tugas yang baik loh ama bapaknya

hehe.

habis selse bajuri, lanjut jurfo. ternyata dosennya ga masuk karena sopirnya meninggal. innalillahi wa inna ilaihi raajiun.

hm, uda de. ketemu lagi han di masa sekarang.

aih, senengnya bisa blogging lagi ;D

 

ng, udahan de. capek juga ternyata ngetik.

kabar baik hari ini :HANI PULAAAAAAANGGGGGG!!! yeah! hani kangen semua!!!

pap, mah, de, nad, wetmi!!! okeh2.

 

udahan ya. maap kalo han banyak salah.

salam.

Thursday, 16 October 2008

Tuesday, 14 October 2008

rhinitis oh rhinitis

salam.

sejak tanggal 9 kemarin, tepat di hari saat han nganter a ihsan ke bandara, rhinitis han dateng lagi. ah, han ga bahagia ketemu rhinitis. ga nyaman rasanya..

tapi, yang namanya ujian baiknya disikapi dengan hati yang lapang. hm..iya, hati yang lapang..

okeh, han lagi di fikom, menanti weekend yang selalu bikin hati han bahagia. malem ini han bisa tidur lebih tenang setelah begadang mulu dari hari ke hari. jurnal emang...hm, luar biasa?! iya, luar biasa bikin han ga punya banyak waktu luang kek dulu..

malem ini han cuma mau ngerjain revisi tugas wawancara, sama baca buku tentang media massa cetak. semangat!

ngomong2 tentang averous, han kangen tetangga cerewet han. tetangga yang uda kek mama han, kek kakak han, kek temen han. sebut aja namanya teh tyarin. hmf, ga enak juga teryata gda dia. gda yang bisa diajak berantem mulut..

han berani bilang han kangen dia, di sini, di multiply..karena han tau kalo dia gkan terdampar di blog han ;p

hm, garing ini blog. han belom sempet lagi mikir2 seru tentang banyak hal.

hani cuma lagi pengen istirahat...

 

doakan han yo, moga cepet2 sehat lagi.

Sunday, 12 October 2008

pesan kehidupan

Pesan orang tua pada anaknya :

Nak, bermusafirlah kunjungi jengkal luasan dunia

Jangan lekas pulang hingga kau temui bahwasanya

Allah miliki kuasa atas penciptaan alam semesta..

Pergilah, kami membekalimu sekantung tekad

Seuntai kata cinta Tuhan yang tak bersekat..

Semoga cukup untuk bekal permusafiranmu

Nak, bergegaslah!

Dunia menanti tapak perjalananmu.

 

13 oktober 2008

2.43 am @ lab inspirasi, c13 averous

‘tercurah berjuta sayang buat ma2-pa2p yang selalu ikhlas melepas permusafiran anak2nya.

Teriring seberkas rindu untuk teh dewi-mas amien, a ihsan, yang lagi sama-sama berjuang di tanah rantau masing2nya.

Semoga Allah mengumpulkan keluarga kita kembali..’

This entry was posted in

wajah cinta sang musafir

Lelah-lelah kutanam benih cintaku untukNya

Parahnya lupa kuberi pupuk hingga kini ia berhama

Lelah-lelah kubangun kembali cintaku, masih untukNya

Namun masih saja lalai tuk kusirami, hingga ia nyaris mati

Lelah-lelah kutangisi

Apa daya tanpa amal nyata?

Lelah-lelah ku cangkul kembali pijakan cintaku

Ingin sekali lagi mencoba tanamkan kecintaanku yang remuk redam nafsu

...

Duhai Kau Yang Tercinta..

Sudilah kiranya beriku pijakan yang kan buat cintaku

Kuat mengakar-rimbun menganggun..

Duhai Kau Yang Miliki samudera cinta..

Anugerahilah aku, barang sekepal saja pupuk

Yang kan lindungi kecintaanku padaMu

Yang kan menjadikan setiap rindu menjadi temu..

...

Dalam bahagia, untuk yang kesekian kalinya,

Kutanam kembali kecintaanku, saat hendak purnama, di pojokan sajadah tak berwarna

Dan masih-selalu- untukNya..

 

Senang-senang kan kurawat benih cintaku padaNya!

13 oktober 2008

2.25 am @ lab inspirasi, c13 averous

‘izinkan hani mencoba lagi mencintaiMu, Allah’

Wednesday, 8 October 2008

Tuesday, 7 October 2008

merekontruksi kenangan

Salam.

Lagi gila nulis ni! Hehe. Ternyata bener, gila nulis adalah refleksi diri ketika kita sedang beraktifitas normal dengan pikiran yang lapang. Maksud lapang di sini adalah, kita sadar betul bahwa hal-hal indah ngga tercipta dari suatu hal yang luar biasa. Hal-hal indah justru tercipta ketika keadaan kita sendiri lagi indah untuk bisa memaknai hal-hal tersebut.

Saat ini hani lagi kepikiran sesuatu. Refleksi ini han dapet saat han ngobrol sama temen smp han kemarin. Sebut aja namanya nafisah..*emang nama aslinya itu si ;D*

Baru pertama kali ngobrol banyak lagi sama dia setelah dulu2 cuma basa basi aja.

Hai nap!

Hai juga

Apa kabar?

Bae2. Han gimana?

Bae juga, alhmd. Lagi ngapain?

Ngerjain tugas...

..

..

Pamit dulu ya nap, han buru2.

*ya, kurang lebih kek gitu ilustrasi kalo han ketemu naf di ym*

Tapi kemaren ngga. Kemaren kita cerita banyak...iya, buat han itu banyak sampe memory emosi han tentang masa SMP jadi terngiang lagi.

Bagi han empat tahun yang lalu, SMP adalah masa2 terindah. Tapi, ko saat ini han uda banyak lupa masa-masa indah saat itu? Ko kayaknya hal-hal yang dulu han anggep indah bakal jadi ga indah seiring perjalanan waktu[disuse theory]. Manusia itu sepelupa itu ya ternyata? Atau, keindahan saat itu sebenernya ga berarti apa2? Atau han menganggap itu indah dengan alasan yang semu? Atau, kenapa?

Banyak hal-hal indah terjadi selama hidup kita, tapi berapa banyak yang masih kita inget?

Hm, sebenernya ini berkaitan dengan permasalahan komunikasi juga. Ketika kita ngga menjaga komunikasi dengan orang-orang yang telah mengisi kehidupan kita di masa lampau, maka memori2 yang pernah ada bakal hilang terkikis dengan memori2 baru. Komunikasi hanyalah sebuah jalan di sini, sebuah jalan untuk membantu kita selalu menjaga emosi-emosi indah yang pernah terjadi di antara kita dan temen2 kita. Permasalahan utamanya lebih pada sisi psikis dari orang itu sendiri, sejauh mana memori itu berkesan buat dia. Itu bakal ngaruh sama posisi memori itu di hatinya dia..

Tiba2 saat ngobrol itu han jadi ngerasa bersalah. Han jarang kontakan lagi sama temen2 smp. *kecuali nisa, sister han*. Hal itu juga yang jadi penghambat bagi han. Han lupa sejauh mana kita deket pas dulu, han belum bisa menghadirkan kembali emosi-emosi ukhuwah yang dulu sempet menggelora.

Banyak hal yang terjadi setelah kita perpisahan sekitar empat tahun yang lalu. Frame of reference sama field of experience kita mungkin *atau pasti* udah banyak berkembang. Kita yang dulu ngga sama kayak kita yang sekarang. Kita yang merasa nyaman satu sama lain saat dulu belum tentu ngerasa nyaman saat sekarang.

Makanya dalam prinsip komunikasi dibilang, komunikasi itu irreversible. Ga bisa diulang karena terkait konteks ruang dan waktu. Manusia adalah makhluk dinamis yang berbeda antara satu dengan lainnya, antara satu waktu dengan waktu lainnya. Maka muncullah teori segitiga berimbang yang intinya mengemukakan bahwa kita semua hanya bisa mencoba untuk mendekati wilayah FOE&FOR orang lain untuk dapat menjalin komunikasi yang efektif. Kita semua selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lawan bicara kita, untuk menyampaikan maksud kita sebaik mungkin, agar bisa diterima secara utuh dan tepat, begitupun lawan bicara kita.

Kegagalan dalam berkomunikasi bisa saja terjadi, sering malah. Gagal dalam tahap sensasi ketika kita salah menangkap suatu pesan secara inderawi, ataupun gagal dalam tahap persepsi ketika kita salah memaknai pesan yang diterima.

Ini mungkin ya hikmah kenapa Allah selalu wanti2 hambaNya untuk selalu menjaga tali persaudaraan, untuk selalu mengerti saudara kita, untuk selalu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua saudara kita. Ketika perintah Allah itu ga dijalankan sebaik-baiknya, akibatnya kayak han sekarang. Jadi ngerasa banyak kehilangan kenangan-kenangan indah di masa lalu. Han pengen mencintai temen2 han dengan utuh, kayak di masa lampau. Han ga pengen kehilangan orang-orang yang pernah mengisi kehidupan han, yang pernah bantu han, yang pernah selalu ada saat han sedih dan seneng.

*temen2, hani sayang kalian...*

Hm, sayangnya kadang sayang itu hanya berbentuk lisan, tak mampu menyentuh hati karena lupa bagaimana rasanya menyayangi mereka dengan utuh. Han jarang tanya kabar mereka, han jarang bahkan doain mereka. Huwaaa...

*temen2, maafin han...*

Ada banyak hal yang bisa dilakuin sebenernya untuk memanggil memory itu. Kalo dalam ilmu psikologi komunikasi, pemanggilan memori itu bisa dilakukan dengan empat cara:

Pertama, pengingatan [recall]. Ini hal yang biasa, nginget2 ulang apa aja yang pernah kita alemin di masa lampau.

Kedua, pengenalan [recognition]. Mengenal kembali orang2 atau benda2 yang bisa ngebuat memory kita tergugah untuk memberikan kembali kenangannya.

Ketiga, belajar kembali [relearning]. Belajar untuk menyayangi mereka kayak dulu..

Keempat, redintegrasi [redintegration]. Merekontruksi kepingan kenangan di masa lalu jadi kenangan utuh. Mungkin bisa juga lewat lagu2 yang dulu sering diputer sama temen2 smp, khususnya aqustic hingga memory emosi itu bakal terkuak lagi.

 

Hff, finally. Han cuma bisa berharap, semoga memory yang hilang itu bisa han kumpulin lagi jadi sebuah kenangan yang indah. Kayak anggapan han dulu kalo masa-masa itu adalah masa indah. Han yakin, itu emang indah. Han cuma  terlalu banyak lupa...

 

Baiklah, makasih buat semua orang yang pernah ngisi kehidupan han. Kalian semua, tanpa kecuali, berharga..

Allah, sayangi mereka seperti mereka menyayangi han atau bahkan meski mereka uda lupa siapa han..

 

Saudarimu, hani noor ilahi, di tanah perjuangannya.

This entry was posted in

Professor complex

Salam.

Pagi yang indah! Ayo2, matahari terbitlah..seperti  terbitnya semangat baru han pagi ini..

Wah, seru. Pagi ini uda dapet banyak kata2 indah..

Gini katanya : ‘Allah menganugerahkan malaikat akal yang tidak disertai syahwat. Allah menganugerahkan binatang syahwat tanpa akal. Sedangkan Allah menganuegrahkan manusia keduanya, akal dan syahwat. Maka jika manusia itu mengikuti akalnya, ia akan bersama para malaikat. Akan tetapi, jika ia memilih untuk mengikuti syahwatnya dengan mengabaikan akal, maka ia akan bersama binatang.”

Mungkin kedengerannya biasa aja, tapi buat han kata-kata itu bikin han jadi mikir2 lagi. Siapa yang selalu bareng han selama ini? Jangan-jangan han selalu bareng malaikat? *hehe* ngga, maksudnya, jangan2 han selalu jadi binatang selama ini..naudzubillah..

Hff, manusia itu emang makhluk yang dicipta Allah dengan sempurna. Konsekuensi suatu hal yang baik selalu menuntut juga pembuktian. Allah memberi kita sejumlah ujian, supaya keliatan mana yang survive mana yang ngga.

Ah, Allah. Kasih han kekuatan selalu untuk bisa bertahan dalam setiap ujian yang diberi...

Hmmm, sehubungan ama judulnya..’professor complex’ han punya sedikit cerita.

Jadi gini, han punya satu hobi yang menyenangkan. Yaitu..kirim2 sms! Hehe. Kenapa han suka? Karena han selalu bahagia kalo dapet sms dari orang. Apalagi kalo sms itu berisi kata2 indah ples tausiyah. Huaaa...suka-suka! Nah, berangkat dari hobi itulah han mulai berpikir untuk menjadikan itu jadi sarana da’wah yang simple tapi mengena. Yah, sms itu sendiri kan termasuk pesan yang langsung dibaca orangnya secara pribadi. Jadi pesen itu langsung ngena.

Sms tausiyah emang uda popular di berbagai kalangan. Han termasuk salah satu penggemarnya. Entah kenapa, selalu ada  korelasi yang kuat antara sms tausiyah yang masuk sama keadaan han saat itu. Kayak Allah sengaja mengirimkan itu lewat perantara temen2 supaya han ga macem2. Ih, Allah emang keren ya! Han haturkan rasa terima kasih tak terhingga untuk orang-orang yang selalu atau pernah berbagi tausiyah ke han. Sungguh, kalian adalah temen2 yang sengaja Allah kirim buat han..

Kembali lagi ke bahasan professor complex..saat ini kesenangan han kirim sms mulai merambahi dunia professor dan kaum elite. Belakangan han lagi suka sms-in prof ganjar, rektor unpad. Bahasanya ga han bedain, apa yang han kirim buat temen2 han kirim juga buat beliau. *salam silaturahmi but prof ganjar dari han*. Subhanallah, beliau selalu merespon tausiyah han. Han juga pernah ngirim2 sms ke kaum elite partai dan ustadz2 yang biasa kasih ceramah di depan khalayak ramai. *salam silaturahmi juga buat mereka*. Ng, apa ya? Ada kesenangan tersendiri bisa berbagi tausiyah dengan orang-orang yang mungkin ga punya banyak waktu luang untuk share secara langsung.

Sebenernya han sadar, ketika han menyeru suatu kebaikan, maka han punya kewajiban untuk ikut mengamalkan apa yang han sampein. Insya Allah, han juga masih selalu belajar. Satu hal yang han selalu inget adalah, ketika kita memberi sebenernya kita sedang menerima saat itu. Jadi, han banyak kirim sms tausiyah adalah juga tabungan han agar saat han ngerasa lemah, tausiyah dari temen2 ga putus ngalir buat han.

Ayo, kita saling mengingatkan dalam kebaikan! Jangan salah gunakan sms tausiyah untuk suatu hal yang menyimpang..Luruskan niat bareng2 kalo apa yang kita buat ini adalah juga bentuk ibadah kita sama Allah, ga lebih. Insya Allah, bantu han y. Han juga masih belajar untuk selalu ikhlas..

Ng, sebenernya ini nyambung sama coretan han kemarin tentang sms. Entah kenapa, banyak hal yang bisa han tulis tapi ga bisa han ungkapin. Semoga aja sedikit dari yang han tulis itu bisa membawa kebaikan buat yang lain. Amiin.

wallahualam

 

This entry was posted in